Skip to main content

Efek Matthew dalam Ilmu Pendidikan

Efek Matthew dalam Ilmu Pendidikan by Santrie Salafie

Efek Matthew dalam Ilmu Pendidikan - Pernahkah Kalian membaca atau mendengar penjelasan tentang Efek Matthew? Apa dampak yang ditimbulkan dari Efek Matthew dalam Pembelajaran? Karena jika dilihat hingga sekarang, pengertian Efek Matthew memiliki banyak pemahaman dan itu tentu juga akan menjadi sebuah persoalan bagi seseorang yang baru ingin mempelajari tentang arti Efek Matthew itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui arti Efek Matthew lebih dalam.

Nah, pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang pengertian Efek Matthew dalam Ilmu Pendidikan. Tanpa menunda lagi, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut penjelasan tentang Efek Matthew.

Daftar isi

Waspadai Efek Matthew dalam Ilmu Pendidikan

SALAH satu kunci keberhasilan kegiatan pembelajaran di kelas awal sekolah dasar adalah kemampuan anak membaca, menulis dan menghitung. Dari ketiga komponen tersebut, membaca menjadi indikator utama peserta didik untuk mengetahui pembelajaran yang bermakna, sehingga guru mempunyai peran sangat besar.

Dalam berbagai penelitian di negara-negara maju seperti Finlandia, Amerika Serikat dan Kanada menunjukan betapa pentingnya kemampuan membaca peserta didik sejak awal kelas dan urgensinya membangun budaya membaca, sebab membaca menjadi jendela dunia sekaligus cakrawala anak mengenal ilmu pengetahuan yang tidak terbatas.

Anak yang sudah bisa membaca dengan baik pada kelas awal menjadi jembatan emas untuk memasuki kelas-kelas selanjutnya. Sedangkan anak yang susah dan lambat membaca pada kelas awal akan mengalami kegagalan yang semakin parah pada kelas-kelas berikutnya. Kegagalan seperti ini sering dikenal dengan istilah efek matthew. Kita masih ingat beberapa tahun terakhir ada beberapa siswa kelas 2 SMP di sebuah kabupatan di Jawa Barat yang dikeluarkan dari sekolah gara-gara belum bisa membaca.

Efek Matthew dalam Ilmu Ekonomi

Dalam konsep ilmu ekonomi efek matthew diartikan sebagai kondisi dimana yang kaya semakin kaya, sedangkan yang miskin semakin miskin karena ketidakberdayaan kelompok miskin sejak awal mengakses sumber-sumber ekonomis.

Efek Matthew dalam Pembelajaran

Sementara dalam Pembelajaran efek matthew diartikan; peserta didik yang lambat dalam menyerap pelajaran akan mendapatkan hasil yang rendah, sedangkan yang menengah dan cepat akan mendapatkan hasil lebih baik, sehingga banyak pakar pendidikan menyimpulkan membaca adalah kunci untuk mencegah efek matthew.

Dalam hal ini sangat wajar kalau pembelajaran Islam melalui Al Quran sejak awal menerapkan doktrin kuat kepada kita agar iqra (membaca) dalam surat Al-Alaq sebagai wahyu pertama yang dturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad SAW. "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (Qs: Al'Alaq; 1-5).

Dengan mengingat pentingnya membaca, maka guru pada kelas awal harus memperhatikan tingkat perbedaan kemampuan membaca pada setiap peserta didik, sehingga guru harus memberikan pelayanan yang berbeda pada setiap anak. Langkah ini sangat penting supaya efek matthew dalam membaca pada tiap-tiap kelas bisa diminimalisir, sehingga anak yang terlambat membaca mempunyai peluang untuk mengejar temannya yang lebih cepat.

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan Good dan kawan-kawan (Affective Academis Intervention in the United State. Evaluating and Enhancing the Acquisition of Early Reading Skills, 1998) mereka mecoba mengukur kemampuan membaca kata per menit anak-anak kelas awal dari berbagai kelas berbeda. Hasilnya, rata-rata dalam setiap kelas terdapat 10% anak dengan kemampuan membaca rendah, 10% dengan kemapuan membaca tinggi. Ternyata pada kelas-kelas selanjutnya perbedaan prestasi antara anak-anak dengan kemampuan membaca rendah dengan anak-anak yang kemampuan membacanya tinggi semakin besar.

Oleh karena itu, guru harus mempunyai skill yang mumpuni dan meguasai berbagai metode pembelajaran untuk melayani perbedaan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran sehingga effek matthew dapat ditekan sekecil mungkin. (Oleh: Dahrun Usman SSos)
Penulis antropolog alumnus FISIP Unpad dan guru MI Asih Putera, Cimahi.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel diatas adalah:
  • Pengertian Efek Matthew diatas dapat dijadikan rujukan untuk memahami dan mempelajari tentang pengertian Efek Matthew, namun ada baiknya bagi sahabat Santrie Salafie juga mencari referensi lain tentang pengertian Efek Matthew. Supaya bisa memilah pengertian yang lebih mudah dipahami.
Semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang pengertian Efek Matthew. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Melakukan Penjumlahan Ke Bawah, Antar Sheet dan Antar Kolom pada Ms Excel

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Santrie Salafie

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install, buka Santrie Salafie dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda.