Skip to main content

Cara Tunda gambar di Balik Layar (PageSpeed Insights)

Cara Tunda gambar di Balik Layar (PageSpeed Insights) by Santrie Salafie

Cara Tunda gambar di Balik Layar (PageSpeed Insights) - Bagaimana Cara Mengatasi Tunda gambar di Balik Layar pada PageSpeed Insights? Berikut penjelasan lengkapnya tentang cara mengatasi peringatan tunda gambar di balik bayar pada PageSpeed Insights.

Content

Cara Mengatasi Tunda Gambar di Balik Layar untuk Meningkatkan Skor PageSpeed Insights

Salah satu tool yang digunakan untuk melihat skor dan kecepatan loading blog kita adalah dengan menggunakan Google PageSpeed Insights. Di dalam tools tersebut kita dapat melihat skor blog kita dan melihat hal-hal apa saja yang menyebabkan blog kita menjadi begitu lambat dan memiliki skor yang rendah.

Salah satu pesan peluang mempercepat pemuatan halaman yang biasa kita lihat adalah tunda gambar di balik layar. Jika kita membukanya, maka biasa akan muncul gambar yang ada pada postingan blog kita.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya menghilangkan peringatan tunda gambar di balik layar? apa maksud pesan tersebut dan apa yang harus kita lakukan?.

Cara Tunda gambar di Balik Layar pada PageSpeed Insights | santriesalafie.com

Sebenarnya maksud dari pesan tersebut adalah kita disuruh untuk melakukan optimasi gambar, dengan cara menunda gambar di dalam postingan atau bisa juga dengan memperkecil ukuran gambar yang kita gunakan di dalam postingan blog kita. Untuk lebih Jelasnya simak beberapa cara menunda gambar di balik layar berikut ini.

Merubah Ukuran Gambar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperkecil ukuran gambar pada postingan blog, gunakan gambar dengan format JPEG, GIF atau PNG. Berdasarkan dari hasil yang diteliti oleh kawan-kawan blogger yang lain, sebaiknya gunakan gambar dengan ukuran di bawah 12kb.

1. Format GIF dan PNG

Format GIF dan PNG : Jika kalian memiliki gambar hasil screenshot atau vektor, sebaiknya gunakan gambar dengan format GIF atau PNG. Biasanya gambar dengan format png memiliki ukuran yang lebih kecil, bahkan hasil kompresi gambar dengan kedua format tersebut tidak merubah visual atau tidak membuat gambarnya menjadi pecah.

Saya sendiri selalu menggunakan gambar dengan format png ini karena bisa di diperkecil bahkan sampai 4kb tanpa merusak tampilan gambar.

2. Format JPG/JPEG

Format JPEG : Hasil foto dari kamera atau gambar full color biasanya menggunakan gambar dengan format jpeg, format ini biasa memiliki ukuran yang lebih besar namun jika dikompresi bisa 10 kali lebih besar daripada png.

Namun yang menjadi masalah adalah gambar dengan jpeg jika diperkecil biasanya akan mengurangi kualitas gambar apalagi harus diperkecil sampai 12kb, mungkin gambarnya akan menjadi pecah bahkan tidak jelas. Untuk mengatasi hal tersebut saya punya solusi yang lebih tepat yaitu dengan cara kedua ini.

Tunda Gambar Dibalik Layar Menggunakan Script Lazyload Image

Maksud dari peringatan tunda gambar disini adalah dengan menggunakan Script Lazyload Image. Cara ini menurut saya cukup ampuh untuk meningkatkan kecepatan loading blog.

Biasanya cara kerja trik cerdas ini adalah dengan memuat halaman blog tanpa gambar terlebih dahulu atau dengan kata lain gambar dalam artikel ditunda dulu kemunculannya dan hanya teks saja yang tampil. Jadi gambar dimuat dan akan muncul pada saat artikel di scoll/menggulirnya ke bawah.

Kesimpulan Tunda gambar di Balik Layar

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial Blogging diatas adalah:

  • Kalian tinggal memilih apakah kalian ingin memperkecil gambar yang kalian miliki sekecil-kecilnya atau menggunakan lazyload image saja. Tidak ada yang sempurna bahkan untuk membuat skor sempurna untuk kecepatan blog.
  • Cukup gunakan gambar seperlunya, perkecil ukuran secukupnya tanpa mengurangi kualitas dan tetap utamakan kualitas artikel.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah. Selamat mencoba, salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: White Hat SEO vs Black Hat SEO Pilih Yang Mana?

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install
  1. Buka SantrieSalafie.com dengan browser Chrome di smartphone
  2. Klik ikon 3 titik di browser
  3. Pilih "Tambahkan ke layar utama".
Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda untuk menggunakannya.
Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar