Skip to main content

Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas | Santrie Salafie

Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas - Tahukah kalian bagaimana Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas? Jika dilihat dari segi penerapannya, Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas belum banyak dikuasai oleh sebagian orang, dan itu tentu juga menjadi kendala para penulis pemula untuk membuat sebuah artikel yang menarik dan Berkualitas. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas. Tentunya supaya bisa memberikan kesan pertama yang menarik pula dan menjadikan pembaca merasa penasaran tentang artikel yang kita buat.

Pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas. Langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut mengenai Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas.

Bingung Mau Nulis Apa? Berikut Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Salah satu kesulitan yang dirasakan ketika menulis artikel adalah membuat kalimat pembuka, meskipun nampak sederhana namun kenyataanya membuat kalimat pembuka yang Menarik dan Berkualitas bukanlah satu hal yang mudah. Permasalahan tersebut sering dialami oleh blogger, baik itu pemula sampai profesional pun tak jarang menemui kesulitan tersebut. Padahal, sebenarnya kalimat pembuka sangatlah penting untuk diperhatikan guna menarik minat pembaca artikel hingga selesai.

Perhitungannya adalah semakin menarik kalimat pembuka dari sebuah artikel, maka besar kemungkinan artikel tersebut dibaca hingga selesai oleh pengunjung. Dan tidak hanya baik untuk pengunjung saja, kalimat pembuka artikel juga bernilai di mata mesin pencari sekaligus kemungkinan meningkatkan SEO blog kalian.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya agar kalian memperhatikannya dan mencoba membuat kalimat pembuka yang Menarik dan Berkualitas. Adapun berikut disajikan beberapa tips membuat kalimat pembuka yang Menarik dan Berkualitas.

1. Awali dengan Sebuah Pertanyaan

Tips pertama yang bisa digunakan untuk membuat kalimat pembuka adalah dengan mengawalinya satu pertanyaan sesuai masalah yang ingin diuraikan, dan solusinya bisa dibahas secara seksama di dalam artikel. Kalimat pembuka yang diawali dengan sebuah pertanyaan juga dipercaya dapat membuat pembaca lebih penasaran.

Selain itu sebuah pertanyaan juga dipercaya dapat membuat tulisan menjadi lebih berhubungan, yang mana membuat pembaca lebih percaya bahwa artikel tersebut benar-benar bisa memberi solusi kepada mereka.

Misalkan ingin membuat tulisan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia, maka kalimat pembukanya bisa kita sisipi sebuah pertanyaan seperti berikut;

Tahukah kalian bagaimana cerita panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia? Jika dilihat hingga sekarang, teknologi sudah mengalami perkembangan secara pesat dari waktu ke waktu, dan itu tentu juga telah membantu kegiatan manusia menjadi lebih efisien. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui sejarah panjang tentang perkembangan teknologi di dunia. (kalian bisa menambahkannya sendiri).

2. Awali dengan Sebuah Fakta

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk membuat kalimat pembuka artikel yang menarik dan berkualitas adalah dengan memaparkan atau memberikan gambaran sebuah fakta. Tentu saja fakta tersebut harus berhubungan dengan topik yang ingin kalian bahas. Adapun fakta yang terdapat di kalimat pembuka dinilai dapat membuat pembaca percaya dengan tingkat kredibilitas tulisan tersebut, dan tingkat kredibilitasannya sendiri pun dapat dipertanggung jawabkan.

Misalkan topik tulisan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia

Menurut Wikipedia, perkembangan teknologi sendiri ternyata sudah terjadi sejak abad ke-20 silam. Dimulai saat meledaknya Perang Dunia ke-II, dan terus berkembang sampai sekarang. Perkembangan teknologi di dunia tentu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia terlebih dalam menjalankan segala aktivitas menjadi cepat dan efektif. Sehingga ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia…

3. Awali dengan sebuah Kalimat yang Membuka Pikiran dan Ingatan para Pembaca

Mengawali dengan membuka ingatan pembaca juga efektif untuk menarik rasa penasaran mereka. Ada banyak kata kata yang bisa dipakai untuk mengawali kalimat pembuka pikiran dan ingatan pembaca. Berikut adalah beberapa diantaranya:
  • Apakah kalian ingat …
  • Coba kalian bayangkan …
  • Bagaimana bila …
  • Apa jadinya …
  • kalian harus tahu …
  • dll

Dengan awal kata tersebut, kalian dapat menyambungnya dengan berbagai fakta mengenai masalah yang ingin kalian bahas.

Misalkan topik tulisan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia

Tahukah kalian bahwa perkembangan teknologi di dunia sudah terjadi sejak abad ke-20 atau lebih tepatnya pada saat terjadinya Perang Dunia II. Dan hal tersebut terus berkembang hingga sekarang di masa modern seperti ini. Perkembangan teknologi sendiri tentu memberikan banyak manfaat bagi manusia khususnya memudahkan aktivitas dan pekerjaan. Oleh karena itu, penting rasanya bagi kita untuk mengetahui sejarah perkembangan teknologi di dunia …

4. Menjelaskan Latar Belakang Mengenai Masalah

Meskipun sedikit sulit dibanding dengan cara yang sudah dijelaskan, namun membuat kalimat pembuka dengan menyampailan latar belakang mengenai masalah terlebih dulu dapat memberikan solusi untuk kalian yang masih kesulitan membuat kalimat pembuka.

Latar belakang sendiri biasanya tidak lepas dari judul artikel, ataupun mengenai masalah yang akan dibahas. Teknik ini berfokus pada masalah, lalu kemudian memaparkan fakta-fakta yang mendukung.

Berikut contoh pendekatan untuk membuat kalimat pembuka menggunakan metode latar belakang:

  • Bagian 1: Menjelaskan gambaran umum mengenai masalah
  • Bagian 2: lanjutkan dengan data dan fakta pendukung
  • Bagian 3: Lebih fokus ke masalah dan memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut

Contoh topik tulisan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia

  • Bagian 1 Tidak banyak yang mengetahui bahwa perkembangan teknologi sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah di mulai sejak beberapa dekade silam.
  • Bagian 2 Adapun, Wikipedia sendiri menyebutkan bahwa perkembangan teknologi di dunia sudah berkembang sejak abad ke-20 atau lebih tepatnya pada meletusnya Perang Dunia II.
  • Bagian 3 Perkembangan teknologi memang memberikan banyak kemudahan dan keefektifitasan tersendiri bagi manusia modern untuk beraktivitas. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk kita mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia …

5. Awali dengan Menjelaskan Sebuah Kata atau Kalimat yang ada Pada Topik

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk membuat kalimat pembuka adalah dengan menjelaskan kata atau kalimat yang ada pada topik tersebut. Cara ini lebih mudah dilakukan, sebab berkaitan langsung dengan topik, artinya to-the-point.

Misalkan topik tulisan mengenai Perkembangan Teknologi di Dunia

Perkembangan teknologi di dunia merupakan salah satu bentuk dari hasil revolusi industri yang diawali beberapa dekade lalu. Dan perkembangan teknologi besar-besaran rupanya sudah terjadi pada abad ke-20an, yang mana lebih tepatnya pada masa Perang Dunia II. Ketika itu, perkembangan teknologi terjadi pada sektor militer. Baik itu sektor senjata, komunikasi, ataupun yang lainnya. Perkembangan tersebut masih berlangsung hingga sekarang …

Perlu diketahui bahwa tidak kalah pentingnya untuk menyematkan kata kunci dalam setiap kata pembuka, yakni yang bertujuan meningkatkan performa SEO dan menjadi nilai tambah di mata mesin pencari.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari article diatas adalah:
  • Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas diatas bisa kita aplikasikan ketika akan membuat sebuah artikel, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
Semoga dengan membaca Cara Membuat Kalimat Pembuka Artikel yang Menarik dan Berkualitas ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk membuat sebuah artikel. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Tunda gambar di Balik Layar pada PageSpeed Insights.

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar