Skip to main content

Apa yang dimaksud dengan santri?

Apa yang dimaksud dengan santri? | Santrie Salafie

Apa yang dimaksud dengan santri? - Pernahkah Kalian membaca atau mendengar kisah tentang santri? Apa yang dimaksud dengan santri? Apa itu santri atau apa artinya santri? dan Apa definisi santri menurut para ahli? Jika dilihat hingga sekarang, arti Santri memiliki banyak pengertian dan itu tentu juga akan menjadi sebuah persoalan bagi seseorang yang baru ingin mempelajari tentang arti santri itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui arti Santri lebih dalam.

Nah, pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Apa yang dimaksud dengan santri? Langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Apa yang dimaksud dengan santri?.

Arti Santri

Secara umum, arti kata Santri adalah sebutan atau panggilan bagi seseorang yang mengikuti pembelajaran agama Islam di pondok pesantren dan biasanya menetap di tempat tersebut dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun ada juga yang menempuh pendidikannya dalam waktu yang sudah ditentukan, misalnya sampai lulus pada tingkat kelas tertinggi.

Menurut bahasa, istilah santri berasal dari bahasa Sanskerta, "shastri" yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan. Ada pula yang mengatakan berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi.[butuh rujukan] Seorang cantrik diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut.[butuh rujukan] Tidak jauh beda dengan seorang santri yang mengabdi di pesantren, sebagai konsekuensinya ketua pondok pesantren memberikan tunjangan kepada santri tersebut.

Pengertian Santri Menurut Para Ahli

Ada beberapa makna kata santri yang dikenal luas oleh orang, antara lain:
  1. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dikatakan bahwa kata santri mempunyai arti : "orang yang sedang menuntut ilmu agama Islam".
  2. Seorang peneliti bernama Johns mengatakan bahwa kata santri berasal dari bahasa Tamil dan memilii arti : guru mengaji.
  3. Sedangkan peneliti bernama CC.Berg mengatakan bahwa kata santri berasal dari bahasa India yakni : Shastri yang artinya seorang ahli kitab agama Hindu. Pendapat ini juga didukung oleh A.Steenbrink yang mana ia beranggapan bahwa pembelajaran di pondok pesantren mirip dengan pembelajaran India-Hindu.
  4. Sebagian orang di Indonesia berpendapat bahwa kata santri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni: "Shastri" yang mempunyai arti "melek huruf".
  5. Sedangkan sebagian lainnya mengatakan kalau kata santri berasal dari bahasa Jawa, yakni: Cantrik yang memiliki arti seseorang yang selalu setia mengikuti gurunya dan ikut serta ke manapun gurunya itu pergi.

Kegiatan Santri

Di dalam pondok pesantren, para santri akan mengikuti jadwal belajar dan ibadah yang telah disusun sedemikian rupa dan menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan para santri. Adapun beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan di dalam pondok pesantren adalah sebgai berikut:
  • Mengikuti Shalat berjamaah sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  • Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sesuai dengan jadwal.
  • Sarapan dan makan bersama sesuai dengan jadwal dan aturan yang berlaku.
  • Melaksanakan / mengikuti acara-acara yang diadakan pondok pesantren.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Pengertian Santri diatas adalah:
  • Pengertian Santri diatas dapat dijadikan rujukan untuk memahami dan mempelajari tentang santri, karena penjelasan diatas Admin rasa sudah cukup jelas tentang Arti Santri. Atau mungkin sebaliknya, jika kalian memiliki pendapat atau pemahaman sendiri mengenai arti santri, silahkan hubungi Admin melalui kolom Contact untuk menyampaikan pendapatnya. Pendapat terbaik akan Admin share di situs ini.
Semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang pengertian santri. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 15 Fakta Unik Kebiasaan Santri di Pondok Pesantren

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar