Skip to main content

11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh

11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh by Santrie Salafie

11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah tentang Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh? Bagaimana caranya Menghafal Al Quran yang benar? dan apa saja yang harus dilakukan ketika menghafal quran? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Cara Hafalan Quran yang Paling Ampuh.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang 11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh.

Tips dan Cara Menghafal Al Quran

Assalamu'alaikum... Sebelumnya, terima kasih dan selamat datang buat yang baca artikel ini! :D Di sini Admin akan memberi kalian tips-tips menghafal Al-Quran, yang Insya Allah bermanfaat.

Tapi, berhasil atau nggaknya kalian menerapkan tips di sini, tergantung diri sendiri dalam pengaplikasiannya. Beberapa tips sederhana di sini Admin juga terapkan. Yah, memang butuh kesabaran. Tapi itu poin utamanya, kan?

Admin doakan kalian tetap istiqomah dalam menghafal. Dan, bagi yang belum menghafal, ayo kita menghafal ayat suci Al-Quran. Banyak keutamaannya.

Apa saja tips-tips untuk menghafal Al-Quran? Yuk, simak tips-tips hafalan quran di bawah ini:

Tips Menghafal Al Quran yang Pertama

Niat [Note: nomor urut nggak menentukan mana yang lebih dulu diterapkan, ya]

Tips pertama yaitu niat. Hal utama dan yang paling utama dalam melakukan sesuatu adalah niat. Admin sarankan, perbaiki niat. Tata dulu niat kita sebelum memulai menghafal. Tanyakan pada diri kalian, tujuan kalian menghafal Al Quran itu apa.

Apakah sebagai wujud bakti kepada orang tua sebagai anak? Apakah agar orang tua kita diberi mahkota di akhirat kelak? Apakah keduanya sekaligus memperoleh pahala? Apakah hanya sebatas agar bisa disebut 'penghafal'?

Yang pasti, kalian tentukan. Tanyakan pada diri kalian sendiri. Mantapkan. Dan, jangan salah niat. Pasti kita ingin mendapatkan ridho Allah kan? Nah, kalau kita sudah salah niat, akan berpengaruh pada diri kita. Kita mungkin akan bermalas-malasan. Kita nggak mau, kan, kalau sudah susah menghafal malah nggak dapat pahala karena niatnya salah?

So, tetap semangat dalam memperbaiki niat. Semua kembali ke diri masing-masing.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 2

Membaca Berulang-Ulang

Dengan membaca ayatnya berulang-ulang, insyaa Allah kita bisa cepat hafal. Ada kutipan "bisa karena biasa"—Admin sangat setuju. Semakin sering kita mengulangi bacaan Al-Quran, kita akan semakin mudah mengingat, karena bacaan itu nggak asing lagi di otak kita.

Ulangi sebanyak 20 kali. Lakukan sambil mengingat (nggak melihat mushaf). Dan yang penting yaitu FOKUS. Fokus pada bacaan kita. Saat menghafal, usahakan jangan memikirkan hal lain. Karena, percuma saja kita mengulang terus-menerus tapi nggak fokus, ayat itu susah masuk ke otak. Dan Admin pernah mengalami hal itu.

Agar lebih membantu, kamu bisa juga dengan membaca satu surah dari awal sampai akhir terlebih dahulu beberapa kali supaya otak kita terbiasa.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 3

Mendengarkan Murottal

Menurutku, mendengarkan murottal membantu banget dalam mengingat. Semakin sering mendengar, kita akan mudah mengingat. Apalagi, suara dari qori nya yang khas akan terngiang di otak. Kita bisa hafal diluar kepala karena ingat "ayat ini nadanya begini".

Coba pilih murottal dengan qori yang sekiranya sesuai dengan kalian. Maksudku, yang bisa kalian ikuti. Contoh, Mishary Rasyid atau Muhammad Toha.

Admin nggak tahu banyak soal nama qori, karena Admin sukanya murottal Mishary Rasyid, karena mudah buat diikuti. Tapi, kalian nggak harus mendengarkan murottal kok. Kalau memang kalian lebih suka langsung membaca mushaf, ya nggak papa. Nggak ada masalah.

Yang penting, tetap semangat! XD

Tips Menghafal Al Quran yang ke 4

Perhatikan Nomor Ayat, Nomor Surah, Halaman, dan Letaknya.

Yang ini memang agak susah, tapi boleh banget dicoba.

Yang pertama perhatikan nomor ayatnya, nomor surah—surah keberapa dalam Al-Quran, halaman keberapa, dan letaknya atau posisinya di sebelah mana. Oh iya, perhatikan juga dalam satu halaman terdapat berapa ayat.

Misal, surah Al-Ma'arij, surah ke 70 dalam Al-Quran. Halaman 568 terdapat 10 ayat. Ayat ke 11 terdapat di halaman 569, letaknya di sebelah kanan, posisinya paling atas.

Memang sedikit rumit, tapi coba praktikkan dulu. InsyaAllah bisa kok, dan nggak serumit yang kamu bayangkan. Metode ini membantu banget—menurut Admin pribadi.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 5

Cari Tempat Senyaman Mungkin

Ini penting. Kalau lingkungan kalian atau tempat kalian menghafal nggak kondusif, dapat memengaruhi fokus kalian. Cobalah cari tempat yang tenang dan nyaman menurut kalian. Kalau sedang di sekolah, cobalah di perpustakaan atau musholla. Ruang kelas biasanya nggak memungkinkan karena terlalu berisik.

Tapi, kalau kalian mampu fokus dalam keadaan nggak kondusif, nggak masalah. Menurut Admin pribadi, tempat itu berpengaruh. Ngafalin di tempat sepi sama di tempat ramai jelas beda. Kalau di tempat sepi misal Admin hafal 5 ayat, di tempat ramai 1 ayat aja belum tentu.

Tapi balik lagi, tergantung kitanya fokus atau nggak.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 6

Usahakan Jauhi Musik

Musik yang Admin maksud di sini adalah musik yang mengandung lirik-lirik nggak baik dan nggak jelas. Zaman sekarang kan banyak nih lagu-lagu yang liriknya dapat menjauhkan kita dari Allah.

STOP !!!

Jauhin deh. Kalau sulit, ya, usahakan dikurangin. Admin lihat di kajian, kata Udztad Adi Hidayat, frekuensi Al Quran sama musik itu beda. Orang yang cenderung suka musik, akan sulit dekat dengan al-Qur'an. Begitu pun sebaliknya, orang yang suka Al Quran, kurang suka (atau mungkin nggak suka) sama musik.

Nggak dipungkiri, orang yang telinganya sudah terbiasa dengan musik, akan sulit mendengarkan ayat suci al-Qur'an. Wallahu a'lam

Tips Menghafal Al Quran yang ke 7

Jangan Berpikir Kalau Menghafal Al Quran Itu Sulit

asti kalian pernah mikir, "Ah, ngafalin Al Quran susah banget." Atau, "Ayatnya panjang-panjang, gak mungkin hafal." Iya, kan? Admin juga pernah, kok.

Setelah dipikir-pikir, itu hanyalah anggapan seseorang yang takut untuk mencoba. Udah kebanyakan mikir negatif, padahal, nyatanya nggak sesulit yang kamu bayangkan.

Kalau pikiran kita kayak gitu, kita nggak akan mau menghafal. Kasarnya sih itu hanya alibi kalau kita malas menghafal. Itu sih menurutku. Kalau udah berpikiran kayak gitu, coba cek lagi niat kita. Sebenarnya menghafal ayat Al-Quran buat apa.

Kalau kalian terus berpikir menghafal itu susah, ya ... jadi susah beneran.

Admin pernah baca di buku panduan menghafal Al Quran, di sana tertulis kira-kira begini (walau nggak sama persis);

"Jangan bayangkan Al Quran itu buku tebal dan sulit dihafal. Tetapi, anggaplah Al Quran itu terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama dari juz 1 sampai juz 10, yang kedua dari juz 11 sampai 20, dan yang ketiga dari juz 21 sampai juz 30."

Dan yang paling penting teman-teman, kita harus yakin, kalau Allah akan mempermudah urusan kita; kalau menghafal itu mudah. Jangan lupa berdoa ya semoga kita istiqomah.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 8

Ada Target; Menghafal Sedikit demi Sedikit

Usahakan, kalian mempunyai target dalam menghafal. Misalnya, Dalam 1 hari harus hafal lima ayat , atau Dalam 1 minggu harus hafal 1 surah, dan sebagainya.

Tapi, kalian jangan terlalu fokus sama target, karena kalau nggak terpenuhi bisa kecewa sendiri.

Maksudku, kalian jangan terlalu terbebani dengan target hafalan kalian. Kalau target kalian sebulan hafal satu juz, terus ternyata kalian baru hafal setengah juz, ya nggak papa. Jangan berkecil hati. Kalian udah berusaha.

Admin pribadi sebenernya punya target, sehabis sholat hafal 5 ayat. Tapi, Admin nggak harus hafal segitu sehabis sholat. Kadang baru hafal 3 ayat. Dan di waktu sholat berikutnya, Admin baru bisa hafal 5 ayat. Bisa dibilang pada akhirnya, satu hari Admin cuma hafal 5 ayat. Itu pun nggak pasti. Di hari berikutnya, Admin mengulangi hafalan 5 ayatku yang kemarin, dan yah, Admin udah agak lupa. Jadi, di hari berikutnya, Admin hanya memperkuat hafalan aja.

Ya, gitu. Tergantung kemampuan masing-masing. Kalau kalian sehari bisa hafal satu surah, menurutku itu sesuatu yang "wah".

Admin sendiri menghafal sedikit demi sedikit. Kalian juga boleh coba. Hafalin aja dulu tiga ayat, atau lima ayat, kalau udah bener-bener hafal, baru lanjut ke ayat berikutnya. Menurutku, metode kayak gitu lebih enak. Otak kita nggak langsung dijejali sama banyak ayat.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 9

Perhatikan Artinya

Kalian bisa membaca artinya supaya memperkuat hafalan. Di Al Quran terdapat banyak ayat yang mirip-mirip, tapi beda di beberapa kata. Biar mudah, kadang Admin membaca ayat tersebut.

Contoh: Admin ambil dari surah Al-Ma'arij, ya. Di sana tertera ayat yang agak mirip. Yaitu pada ayat 32, 33, dan 34.

Ingat-ingat saja kalau;

  • Ayat 32 tentang amanat.
  • Ayat 33 tentang saksi.
  • Dan ayat 34 tentang sholat.
Lebih mudah lagi ditambahkan dengan mengingat posisi ayatnya ada di sebelah mana.

Pun, membaca artinya itu sama sekali nggak rugi. Malahan, kita jadi paham kan, ayat itu menjelaskan tentang apa? Kita jadi ngerti. Dan percuma juga kalau kita nggak tahu, lalu bagaimana kita mau mengamalkannya? Wallahu a'lam

Tips Menghafal Al Quran yang ke 10

Memakai Mushaf yang Sama

Admin sarankan jangan berganti-ganti mushaf. Lebih baik kalau kalian mempunyai Al Quran untuk diri sendiri. Karena, bisa bebas kalian baca dan bawa. Tapi, bukan berarti nggak boleh dipinjamkan ke orang lain loh, ya.

Kenapa Admin sarankan jangan bergonta-ganti mushaf?

Walau memang (yang pastinya) bacaannya sama, ada beberapa mushaf yang cetakannya berbeda. Ada mushaf yang dalam satu halaman itu, ayat terakhir disambung pada halaman selanjutnya. Pastilah posisinya berbeda (kalau ini lebih cenderung mushaf yang nggak ada terjemahan, dan biasanya memakai kertas putih, bukan warna krem).

Misal kamu menghafal memakai mushaf yang berbeda (secara tata letaknya), maka akan sulit untuk menghafal. Karena terkadang kita juga mengingat berdasarkan posisinya, kan?

Usahakan memakai mushaf yang pas satu halaman. Maksudnya, dalam satu halaman itu nggak ada ayat yang terpotong, dan nggak disambung pada halaman berikutnya.

Sebenarnya nggak harus, terserah kalian. Tapi, supaya lebih mudah aja.

Tips Menghafal Al Quran yang ke 11

Bergaul dengan Penghafal Al Quran

Pergaulan kita sangat memengaruhi "siapa" diri kita. Kalau pergaulan kita jelek, ya kita ikut jelek. Begitu pula sebaliknya.

"Aku nggak bakal kebawa arus kok."

Eits! Jangan bilang begitu. Karena, kita nggak tahu kedepannya bakal gimana. Kalau diri kalian baik, tetapi malah bergaul dengan orang yang tidak baik ya besar kemungkinan untuk terjerumus. Tapi, kalau niatnya mengajak kepada kebaikan, usahakan kamu jangan sendirian.

Makanya, kita harus Pilih-pilih Teman. Maksud Admin bukan mengarah ke deskriminasi. Kalian boleh berteman sama siapa aja. Asalkan tahu batasan, ya. Bertemanlah sama orang baik, supaya tambah semangat dalam taat kepada Allah.

Nah, kalau kalian penghafal Al Quran, Admin sarankan untuk berteman dengan orang yang memiliki niat dan tujuan yang sama dengan kalian. Nggak HARUS, sih. Tapi, kan seru tuh kalau bisa sharing-sharing soal cara menghafal Al Quran, saling nyemangatin, murojaah bareng, saling nyimakin hafalan, dan lain-lain. Kalian bisa tambah semangat dan istiqomah. Ya, nggak?

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari 11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh diatas adalah:
  • 11 Tips Menghafal Al Quran Paling Ampuh diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
  • Sekarang tinggal kalian terapkan dan harus berani mencoba tips-tips diatas. Admin do'akan, semoga kalian yang sedang menghafal al-Qur'an atau yang baru ada keinginan untuk menghafal al-Qur'an dimudahkan dalam hafalannya serta dilancarkan untuk cita-cita yang sangat mulia ini. Amin.
Semoga dengan membaca Tips Menghafal Quran yang Paling Ampuh ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk menjadi Ahlul Quran. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Siapa sih Penghafal Al Quran itu?

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar