Skip to main content

Siapa sih Penghafal Al Quran itu?

Siapa sih Penghafal Al Quran itu? | Santrie Salafie

Siapa sih Penghafal Al Quran itu? - Al-Qur'an adalah mukjizat terbesar yang Allah berikan kepada Rasulullah. Al Quran adalah kitab suci umat islam yang menjadi petunjuk hidup bagi siapa saja yang menginginkan kesuksesan hidup di dunia dan akhirat dan sebuah petunjuk hanya akan berfungsi apabila seseorang mau membaca, menghayati dan mengamalkannya.

Pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Siapakah Para Penghafal Al Quran itu?. Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Penghafal Al Quran?.

Inilah Para Penghafal Al Quran

Bagi sebagian orang, menjadi penghafal al-Qur'an adalah dambaan dan impian yang sangat di cita-citakan. Apalagi jika sudah terkait dengan keinginan orang tua terhadap anaknya, orang tua mana yang tidak bahagia kalau anaknya bisa menghafalkan al-qur'an? terlebih lagi bisa khatam 30 juz bilhifdzi.

Sudah pasti luar biasa bahagianya orang tua. Itu semua terbukti dengan pilihan yang sangat tepat dari orang tua untuk memondokkan atau memasrahkan putra-putri mereka di Pesantren-Pesantren. Maka dengan begitu mereka berharap, kelak putra-putrinya mampu menghafalkan al-Qur'an sampai khatam 30 juz bilhifdzi. Semoga Allah swt mengijabahi harapan mereka semua, para orang tua. Amin...

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Siapa sih sebenarnya Para Penghafal Al Quran itu?

1. Berkata Abdul Malik bin Umair

"Satu-satunya manusia yang tidak tua adalah orang yang selalu membaca Al-qur'an". "Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-qur'an".

2. Berkata Al-imam Qurtubi

"Barang siapa yang membaca Al-qur'an, maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun".

3. Imam besar Ibrahim al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim rahimahullah

"Perbanyaklah membaca Al-qur'an jangan pernah kau tinggalkan, kerana sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan di mudahkan setara dg yg kamu baca".

4. Berkata Ibnu Solah

"Bahwasannya para Malaikat tidak diberi keutama'an untuk membaca Al-qur'an, maka oleh kerana itu para Malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari baca'an manusia".

5. Berkata Abu Zanad

"Di tengah malam, aku keluar menuju masjid Rasulullah SAW sungguh tidak ada satu rumahpun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-qur'an".

6. Berkata Shaikhul Islam ibnu Taimiyyah

_"Tidak ada sesuatu yang lebih bisa memberikan nutrisi otak, kesegaran jiwa, dan kesehatan tubuh serta mencakup segala kebahagiaan melebihi dari orang yang selalu melihat Kitabullah Ta'ala"._

*Bergantunglah pada Alqur'an niscaya kau akan mendapatkan keberkahan.*

Allah SWT berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْۤا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ
"Kitab (Al Quran) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran".QS. Shad: 29

7. Berkata sebagian Ahli Tafsir

"Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-qur'an maka kita akan di banjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia".

"KAMI memohon kepada Allah SWT agar memberikan taufiqnya kepada KAMI dan semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-qur'an dan mengamalkan kandungannya".

Allah SWT berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَ
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al Quran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi".QS. Fathir: 29

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel diatas adalah:
  • Siapa sih Penghafal Al Quran itu? Yaps.. mereka adalah orang-orang yang dipilih langsung oleh Allah swt. Mereka Para Penghafal Al Quran adalah Ahlullah dan mereka yang menentang Al Quran adalah Musuhnya Allah swt.
  • Para Penghafal Al Quran adalah mereka orang-orang yang sangat-sangat istimewa, kenapa demikian? sebab sudah kita baca bersama dari keterangan Para Syaikh dan Ulama diatas yang menyebutkan tentang siapa penghafal alquran itu?.
Semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk menjadi Ahlul Quran. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak-Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar