Skip to main content

Pengertian Santri Zaman Now

Pengertian Santri Zaman Now by Santrie Salafie

Pengertian Santri Zaman Now - Pernahkah Kalian membaca atau mendengar kisah tentang santri zaman now? Apa yang terpikir pertama kali saat mendengar istilah santri? Siapa sih santri itu? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Pengertian Santri Zaman Now.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Santri Zaman Now.

Pengertian Santri

Seseorang yang sedang menimba ilmu pengetahuan di bidang agama dalam ruang lingkup poondok-pesantren ialah santri, yang merupakan salah satu elemen penegak agama setelah para ulama’ dan kiai.

Mereka yang kerap kali dihadapkan dengan pandangan miring tentang santri, mengenai pola pikir mereka yang kolot dan tidak dapat berbaur dengan zaman, yang semakin berkembang pesat. Apakah selamanya seorang santri akan tetap terdoktrin dengan hal yang demikian ?

Seperti yang di paparkan oleh bupati banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di depan para santri banyuwangi, pada peringatan hari santri kemarin yang mengangkat tema “SANTRI ZAMAN NOW” beliau mengatakan seorang santri harus gemar berinovatif, melek teknologi memperjuangkan prestasi dan tidak lupakan selalu cinta negeri.

Disitulah kita seharusnya menempatkan diri bukan hanya berdiam saja akan masalah masa depan yang bermodalkan takdir semata .

Sifat Santri

Santri dengan sifat elastisitasnya seharusnya menyadari betapa dibutuhkannya pemimpin masa depan yang jujur, amanah, dapat dipercaya, dan cerdas seperti yang di contohkan utusan pada hakikatnya.

Namun dengan perkembangan zaman yang semakin modern, mereka lupa dengan kata jujur dan amanah. Mereka hanya bermodalkan cerdas dan dapat di percaya yang pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat di bawahnya.

Maka tidak heran di dunia informasi seperti Koran televisi dan lain sebagainya, sering mengabarkan tentang pejabat-pejabat negara yang terjerat korupsi oleh KPK. Masalah demikian harus segera di atasi oleh para kaum santri yang tidak dengan mudah melakukan hal-hal yang serupa.

Pemikiran Santri

Pemikiran yang realistis memang sering kali di tanamkan bagi seorang santri berhaluan pada prinsip yang kuat dan termetodis sehingga membentuk pribadi yang tekun, cerdas, dan berakhlaqul karimah.

Santri Zaman Now seharusnya bisa menjadi bentuk implementasi dari penanaman moral dan juga pola pikir yang kondusif sebagai terlansir di atas, maka di pastikan santri zaman now akan menjadi disegani oleh mereka yang non santri.

Fakta tentang Santri
Tidak lupa nilai sosial para santri juga sering diagung-agungkan oleh masyarakat karena memang terbukti sikap sosialisasi dan toleran seorang santri sangat erat karena dalam satu lingkungan pondok pesantren beragam budaya dan tradisi masuk di dalamnya.

Nah dengan proses penyesuaian diri tersebut sehingga satu dengan yang lainnya menjadi mengetahui berbagai macam kehidupan diluar lingkungan mereka.

Hal tersebut yang menjadikan santri dalam sikap sosialnya lebih mendominan dari mereka diluar sana yang hanya berada di lingkungan sendiri.

Santri Zaman Now
Santri zaman now yang merupakan seorang santri yang hidup dalam era modernisme akan menjadi salah satu tonggak peninggalan kemajuan negara dan agama melihat dari eksistensi seorang santri yang mempunyai sifat elastis (dapat berbaur dan bersaing dengan hal baru).

Maka seorang santri tidak boleh menampik segala ilmu pengetahuan yang ada dimuka bumi ini, karena sudah terlansir dalam dalam Al-Qur’an QS.AlA’raf:32 "Bahwasannya semua yang ada dimuka bumi ini telah disediakan oleh Allah swt. bagi orang yang ingin mengetahuinya".

kita adalah pemuda bangsa
merupakan pemimpin masa depan,
tanamkan prinsip yang kuat dalam diri.
Dengan nilai-nilai keislaman yang hakiki
14 November 2017

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Santri Zaman Now diatas adalah:
  • Santri Zaman Now adalah seorang santri yang selalu bisa mengikuti kemajuan zaman, namun ia terbawa oleh arus zaman. Mereka para santri zaman now memiliki kendali tersendiri agar tidak terbawa arus kemajuan zaman yang mereka dapatkan saat masih menimba ilmu di surau atau pondok pesantren.
Semoga dengan membaca Santri Zaman Now ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang pengertian santri. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar