Skip to main content

Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten

Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten by Santrie Salafie

Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah tentang Pondok Pesantren Nur El Falah Banten? Dimana lokasi Pondok Pesantren Nur El Falah Banten? Kapan berdirinya Pondok Pesantren Nur El Falah Banten? Dan siapakah pendiri Pondok Pesantren Nur El Falah Banten?

Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten. Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten.

Sejarah Pondok Pesantren Nur El Falah Banten

Pondok pesantren Nur El Falah didirikan pada tahun 1943 oleh Almarhum KH.Abdul Kabier (tokoh pendidikan Banten) murid dari Hadrotusyaikh KH.Hasyim Asyari (Pendiri Nahdlatul Ulama) yang beralamat di kp. Kubang Ds.Kubang Jaya Kec.Petir Kab. Serang Banten.

Pon-Pes Nur El Falah sekarang ini konsisten untuk mencetak kader-kader 'ulama yang intelektual sesuai dengan visi & misi sejak didirikannya pesantren ini & pada tahun ini Pon-Pes Nur El Falah sedang serius membangun Pon-Pes yang berbasis teknologi, sehingga orang tua santri dapat melakukan pemantauan kegiatan santri dengan cara online baik kehadiran, kesehatan, kegiatan, nilai, prestasi, tabungan dan pelanggaran.

Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren Nur El Falah

Kegiatan pendidikan di Pondok Pesantren Nur El Falah terbagi menjadi 4 tahapan , yakni :

  1. Al-Mubtadi Yaitu santri dibimbing menguasai 140 masalah agama dasar baik dari segi aqidah, fiqih ibadah, muamalah dan amaliyah harian sehingga para santri dapat beribadah dengan baik dan juga mampu memimpin Doa, tahlil dan fase ini di tempuh dalam waktu paling lama 5 bulan.
  2. Tsanawi Yaitu para santri di bina untuk mampu berkomunikasi menggunakan 2 bahasa Internasional Bahasa Arab dan Inggris dan fase ini di selesaikan santri dalam waktu 6 bulan.
  3. Aliyah Yaitu fase dimana santri mempelajari kaidah Ilmu Nahwu dan Sharaf serta dibimbing untuk dapat menerapkan kaidah yang di kuasai untuk membaca Kitab Kuning dengan baik dan fase ini diselesaikan dengan waktu 6 bulan.
  4. Ulya Merupakan fase dimana para santri mendapatkan bimbingan ilmu ilmu keagamaan baik dalam Aqidah, Al-Quran, Hadits, Akhlaq, Fiqh, Usul Fiqih Tajwid, Tafsir, Balaghah, Mantiq dan lain-lain.

Program Unggulan Pesantren Nur El Falah

  • Para santri Pesantren Nur El Falah dites potensinya menggunakan sidik jari & akan diketahui hasil tesnya berupa potensi, keahlian bakat, cara belajar, dll.
  • Para santri juga dibina untuk dapat menguasai komputer dan Teknologi.
  • Pesantren Nur El Falah memiliki kegiatan Tahunan khusus, yakni mendatangkan Syaikh dari AlAzhar-Mesir guna membimbing para santri supaya dapat membaca AlQur'an dengan Baik, serta pelatihan menghafal al-Qur'an tanpa harus menghafal.

Pesantren memiliki jenjang pendidikan formal yang lengkap sehingga santri dapat memilih sesui dengan keinginannya. Pesantren memiliki jenjang pendidikan formal seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas ( SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan tinggi STAIKHA (Sekolah Tinggi Agama Islam KH.Abdul Kabier).

Visi Misi Pondok Pesantren Nur El Falah Banten
Visi :
  • Mencetak kader Ulama yang Intelek, berakhlaq mulia, berilmu amaliah dan amal ilmiyah.

Misi :

  • Mendidik santri untuk menguasai Ilmu Pengetahuan Agama, Umum dan Teknologi.
  • Pondok Pesantren Nur El Falah mendidik santri agar mempunyai ilmu pengetahuan yang luas & berakhlak dengan aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama'ah.
  • Kami terus memperbaiki system dan management agar mampu menjadi pondok pesantren terbaik dari khususnya pondok pesantren di banten.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten diatas adalah:
  • Pondok Pesantren Nur El Falah Banten didirikan oleh KH Abdul Kabier (tokoh pendidikan Banten) murid dari Hadrotus syaikh KH Hasyim Asyari (Pendiri Nahdlatul Ulama) pada tahun 1943, berlokasi di kp.Kubang Ds.Kubang Jaya Kec.Petir Kab. Serang Banten.
  • Pondok Pesantren Nur El Falah Banten adalah sebuah Lembaga Pendidikan yang bergerak di Bidang Agama pada khususnya dan juga bergerak pada bidang Umum, dan Ilmu-Ilmu Teknologi sebagai sarana mengimbangi tatanan ilmu yang lain.
Semoga dengan membaca Profil Pondok Pesantren Nur El Falah Banten ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Pondok Pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar