Skip to main content

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah by Santrie Salafie

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah - Apakah kalian pernah mengikuti Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah? Atau salah satu dari beberapa teman kalian pernah mengikutinya? Jika dilihat pada data sekarang ini, Calon Mubaligh dan Mubalighah sebenarnya cukup banyak dan sudah tersebar di berbagai penjuru dan pelosok. Namun hal demikian jumlahnya masih terbilang sangat rendah dibanding dengan jumlah masyarakat yang memerlukan para Mubaligh dan Mubalighah di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya. Maka dari itu, Kanwil Kemenag Kalteng mengadakan Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah sebagai kepanjangan tangan Kanwil kemenag Kalteng dalam membimbing masyarakat dan sebagai usaha dakwah dalam menangkal masuknya aliran-aliran yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah. Langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah.

Kanwil Kemenag Kalteng Gelar Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah

Arti Kata Mubaligh Mubalighah; Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata Mubalig / mu·ba·lig / n [1] orang yang menyiarkan (menyampaikan) ajaran agama Islam: mendengarkan ceramah agama oleh para juru dakwah; [2] orang yang mengumandangkan takbir dan tahmid (dalam salat berjamaah) agar terdengar dengan jelas oleh makmum.

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah se Kalimantan Tengah 2019

Dilansir dari situs kalteng.kemenag.go.id disebutkan, bahwa: "Mubaligh Kalteng Harus Sebarkan Kasih Sayang dan Kedamaian"

Kepala Kanwil Kemenag Kalteng

Palangka Raya (Inmas) Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan berharap para mubaligh dan mubalighah di Provinsi Kalimantan Tengah terus menyampaikan pesan-pesan agama yang penuh kasih sayang dan kedamaian kepada umat.

Hal itu disampaikan Kakanwil saat mengisi materi kegiatan Pengkaderan Calon Mubaligh Mubalighah tingkat Provinsi Kalteng di Luwansa Hotel Palangka Raya, Selasa (10/9/2019) sore.

“Saya sangat berharap para mubaligh dan mubalighah di Bumi Tambun Bungai ini terus menyampaikan ajaran Islam yang penuh kasih sayang dan kedamaian. Sampaikan pesan-pesan agama dengan cara yang santun, menyejukan dan moderat sehingga kerukunan umat beragama di Kalteng akan semakin kokoh dan berkualitas,” ucap Kakanwil.

Kakanwil juga mengingatkan para mubaligh mubalighah untuk menghindari penyampaikan informasi-informasi hoax yang marak beredar dimedia sosial. Terlebih informasi itu berpotensi memecah belah umat.

Dihadapan puluhan mubaligh mubalighah Kakanwil juga berpesan agar bisa menjadi teladan bagi umat sehingga ceramah agama yang disampaikan betul-betul didengar dan dipraktekan umat.

“Kuasai betul materi-materi keagamaan yang akan disampaikan sehingga tidak membingungkan apa lagi menyesatkan umat. Teruslah berpedoman pada Quran dan hadis serta ijtimak ulama, insyaallah akan lurus,” ucapnya.

Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kalteng
Sementara Kepala Bidang Bimas Islam, HM Asbli meminta agar para calon mubaligh dan mubalighah banyak membaca dan menghafal dalil sehingga saat memberikan ceramah atau tausiah keagamaan betul-betul memberikan manfaat bagi umat.

“Jangan gerogi, terpenting kuasasi bahan atau materi yang akan disampaikan. Nanti semua peserta langsung praktek memberikan tausiah di kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua Panitia Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah
Ketua Panitia, H Fahrudin melaporkan kegiatan itu diikuti 35 peserta perwakilan dari 14 kabupaten/kota se Kalteng.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan kaderisasi mubaligh dan mubalighah yang berpengetahuan, berwawasan, terampil dan profesional,” ucapnya seraya mengatakan kegiatan itu dilaksanakan tiga hari mulai tanggal 10-12 September 2019. (rahmat fauzi).

Tulisan diatas diambil langsung dari situs resminya Kanwil Kemenag Kalteng dengan sedikit editan dari Admin.

Dokumentasi Kegiatan Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah | Santrie Salafie
Dokumentasi Kegiatan Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah ini terbagi menjadi 3 file (.rar) terpisah. Silahkan gunakan semua tombol dibawah ini untuk menyimpan semua file dokumentasi.

Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah | Santrie Salafie
Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mendownload Dokumentasi Kegiatan Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah pada tombol dibawah ini.
File 1 File 2 File 3

Baca juga: Daftar Hotel Murah di Kalimantan Tengah

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar