Skip to main content

Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami by Santrie Salafie

Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami - Bagaimana cara untuk meningkatkan Daya Ingat? Bagaimana caranya agar ingatan kita menjadi kuat dan tidak mudah lupa? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang cara untuk meningkatkan Daya Ingat secara Alami.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang cara mudah untuk meningkatkan Daya Ingat dengan alami.

Meningkatkan Daya Ingat

Mengalami kesulitan mengingat akan sesuatu menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan. Apalagi usia masih muda tapi sudah tidak memiliki kemampuan daya ingat yang bagus.

Jadi tidak ada perbedaan antara orang tua dengan anak muda yang daya ingat mulai menurun. Apabila sudah mulai merasakan seperti mudah lupa, maka perlu melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat yang akan kami bagikan disini. Berikut penjelasannya:

1. Mulai sering melatih otak

Melatih otak merupakan cara paling ampuh agar tidak terkena penyakit lupa. Banyak sekali orang yang ingin serba praktis, sehingga otak juga jadi kurang terlatih. Ini bisa menjadi malapetaka nantinya, apabila terlampu sering bisa- bisa kemampuan otak jadi menurun.

Melakukan aktivitas yang baru dan berbeda dari biasanya dilakukan jadi cara untuk melatih otak. Semisalnya mengikuti les bahasa asing, dimana ingin akan mengharuskan otak untuk mulai pelajari, mengingat bahasa asing tersebut.

Selain mempelajari bahasa asing, juga bisa mengikuti suatu kelompok diskusi. Ini juga langkah yang tepat agar otak semakin terlatih. Pastikan dulu sebelumnya bahwa kelompok yang diikuti sesuai dengan minat, agar lebih menikmati gabung dalam kelompok tersebut.

2. Biasakan untuk menulis

Menulis disini bukan dalam artian membuat suatu tulisan, artikel maupun untuk jadi bahan buku. Kegiatan menulis ini seperti mencatat apa- apa saja yang dianggap penting. Proses menulis ini yang membuat otak jadi bekerja dua kali, di awali dari ingat kemudian mentransfernya menjadi tulisan.

3. Memainkan permainan asah otak

Saat ini sangat banyak sekali permainan asah otak, ada yang dalam bentuk permainan online maupun dalam bentuk nyata. Dengan melakukan permainan asah otak maka ini mengharuskan otak terus bekerja.

Permainan asah otak bukan sekedar untuk membuat hiburan, tapi perlu menggunakan pemikiran agar bisa memainkannya. Salah satu permainan asah otak paling populer adalah rubik. Di permainan ini dituntut agar pemainnya harus bisa membuat warna jadi sama di setiap sisi.

4. Hindari kurang tidur

Otak apabila seharian digunakan perlu juga istirahat. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan hak otak beristirahat dengan maksimal. Tidur malam menjadi cara mengistirahatkan otak, sehingga bagi yang sering begadang atau waktu tidur malamnya kurang maka bisa membuat daya ingat jadi menurun.

5. Olahraga rutin serta teratur

Olahraga menjadi cara meningkat daya ingat secara alami dan menyehatkan juga bagi tubuh. Orang yang berolahraga akan mengaktifkan semua organ tubuh. Sistem tubuh bekerja jadi lebih baik, dan mempengaruhi daya ingat juga.

Berdasarkan penelitian ilmiah bahwa orang yang setiap minggunya melakukan kegiatan berjalan kaki selama 2,5 jam maka dapat membuat daya ingat jadi meningkat. Penelitian ini dilakukan pada orang dengan usia rata- rata di atas 50 tahun.

6. Makanan untuk meningkat daya ingat

Memastikan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi menjadi langkah yang tidak boleh ditinggalkan. Ini terkadang sulit untuk dilakukan bagi orang yang sudah terbiasa makan makanan dengan pertimbangan rasa enak.

Dari beberapa cara yang telah diberikan, apabil tidak memperdulikan makanan apa yang di makan maka hasilnya tidak maksimal. Tubuh membutuhkan makanan, daya ingat bergantung dari keadaan tubuh.

Dengan kata lain makanan menjadi penentu untuk membuat daya ingat menjadi lebih meningkat. Perbanyak makan sayuran hijau, konsumsi buah yang bernutrisi dan makanan lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel diatas adalah:
  • 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
Semoga dengan membaca artikel ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk meningkatkan daya ingat agar tidak cepat lupa. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengkaderan Calon Mubaligh dan Mubalighah

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar