Skip to main content

Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia by Santrie Salafie

Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia - Tahukah kalian tentang pondok pesantren mana saja yang masuk ke dalam 31 Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia? Apakah Pondok Pesantren yang pernah menjadi tempatmu mencari ilmu termasuk juga ke dalam Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia? "Belum tahu toh ya, baca Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia saja belum, eh.. sudah ditanya termasuk ke dalam daftar atau nggak? aya-aya wae Admin ini". Hehehe.. Santai, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia.

Gambaran Umum

Sebelum menyimak tentang Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia, Admin akan memberi sedikit gambaran tentang Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia. Karena pada dasarnya semua orang juga sudah mengetahuinya, kalau Jumlah Pondok Pesantren yang ada di Indonesia sangatlah buaaanyak cekali (sekali).

Jumlah Pondok Pesantren

Data Kementerian Agama, menyebutkan pada 1977 jumlah pesantren hanya sekitar 4.195 buah dengan jumlah santri sekitar 677.394 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan berarti pada tahun 1985, di mana pesantren berjumlah sekitar 6.239 buah dengan jumlah santri mencapai sekitar 1.084.801 orang.

"Dua dasawarsa kemudian, 1997, Kementerian Agama mencatat jumlah pesantren sudah mengalami kenaikan mencapai 224 persen atau 9.388 buah, dan kenaikan jumlah santri mencapai 261 persen atau 1.770.768 orang," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/11).

Berdasarkan data statistik Ditjen Kelembagaan Islam, Departemen Agama Republik Indonesia pada tahun 2001 ada 11.312 pesantren dengan 2.737.805 santri. Kemudian pada tahun 2005 jumlah pesantren kembali meningkat menjadi 14.798 pesantren dengan santri berjumlah 3.464.334 orang.

Sementara, berdasarkan data Bagian Data, Sistem Informasi, dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, pada tahun 2016 terdapat 28,194 pesantren yang tersebar baik di wilayah kota maupun pedesaan dengan 4,290,626 santri, dan semuanya berstatus swasta.

" Tidak hanya menampilkan tingkatan keragaman, orientasi pimpinan pesantren serta independensi kiai, jumlah ini menguatkan argumentasi kalau pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan swasta yang sangat mandiri serta sejatinya adalah praktek pembelajaran berbasis masyarakat," kata Zayadi.

Nah.. sudah tahu kan? sekarang kita menuju Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia, berikut daftarnya:

Terbaik dan Terbesar

  1. Pondok Pesantren Modern Darussalam, Gontor.
  2. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan.
  3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban.
  4. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.
  5. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.
  6. Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang.
  7. Pondok Pesantren Nur El Falah, Banten.
  8. Pondok Pesantren La Tansa, Banten.
  9. Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Banten.
  10. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin, Cilacap.
  11. Pondok Pesantren Al Mukmin, Sukoharjo
  12. Pondok Pesantren Al-Fatah, Temboro
  13. Pondok Pesantren Al-Khoirot, Malang
  14. Pondok Pesantren Buntet, Cirebon
  15. Pondok Pesantren Al Khairaat, Palu
  16. Pondok Pesantren Musthafawiyah, Sumatera Utara
  17. Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo
  18. Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta
  19. Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah, Kalimantan Selatan
  20. Pondok Pesantren Asy Syafi’iah Nahdatul Wathan, Lombok
  21. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Madura
  22. Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang
  23. Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang
  24. Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan
  25. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asembagus, Situbondo
  26. Pondok Pesantren Ma’hadul Ulum ash-Syar’iyyah (MUS)
  27. Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri
  28. Pondok Pesantren Al-Hikmah, Blora
  29. Perguruan Thawalib, Padang Panjang
  30. Pondok Pesantren An-Nur 2, Malang
  31. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Pati

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia diatas adalah:
  • Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia sampai saat ini masih belum bisa terdata secara akurat, karena sebuah Penilaian yang diberikan tergantung pada pandangan atau pendapat oleh masing-masing individu yang menilainya.
  • Data Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia ini berdasarkan pada penelitian yang Admin dapatkan dari berbagai sumber, apabila nanti Admin mendapatkan informasi terbaru tentang Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia maka secepatnya Admin akan meng-update artikel ini.
Semoga dengan membaca Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Pondok Pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Ummu Sulaim binti Malhan Mahar Islam.

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar