Skip to main content

9 Tips Agar Betah di Pesantren

9 Tips Agar Betah di Pesantren by Santrie Salafie

9 Tips Agar Betah di Pesantren - Pernahkah Kalian membaca atau mendengar kisah tentang Tips atau Cara Agar Betah di Pesantren? Apa saja Tipsnya Agar Betah di Pondok Pesantren? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang 9 Tips Agar Betah di Pesantren.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang 9 Tips Menarik Agar Betah Hidup di Pondok Pesantren.

Cara Agar Betah di Pesantren

Tidak betah, itu yang biasanya di rasakan santri yang baru masuk pesantren. Pasti setiap pernah merasakan hal ini. Entah karena alasan apapun yang membuat mereka tidak betah. Mungkin karena alasan kangen dengan orang tua, teman baru yang bandel, peraturan yang ketat ataupun karena faktor yang lain yang banyak di rasakan santri ketika tidak betah.

Apalagi santri baru yang sebelumnya belum pernah merasakan bagaimana hidup di pesantren. Karena butuh adaptasi yang besar dari hidup di rumah yang serba mewah mungkin, serba ada dan tinggal menikmati. Berbeda ketika hidup di pesantren yang semuanya butuh usaha dan pengorbanan terlebih dahulu. Mungkin juga mereka merasa di buang oleh orang tuanya, padahal tidak.

Justru orang tua memondokkan anaknya di pesantren agar mereka sukses dan menjadi orang yang berhasil serta berbakti kepada kedua orang tuanya kelak. Begitulah permasalahan santri yang tidak betah di pesantren. Untuk itu di dalam artikel ini akan di bahas bagaimana solusi agar santri dapat betah hidup di pesantren atau tips tips agar kita bisa betah hidup di pesantren.

1. Jangan Suka Menyendiri

Tips yang pertama jangan pernah menyendiri di pesantren. Karena ketika menyendiri kita akan melamun, ingat orang tua, ingat rumah, dan kita merasa tidak betah tinggal di pesantren. Sering kita liat pada tahun ajaran baru ada santri yang menyendiri dan menangis di pojok kamar ingin pulang karena kangen dengan orang tua. Intinya jangan sekali kali menyendiri di pesantren. Ok.

2. Banyak Cari Teman

Tips yang kedua adalah perbanyak teman. Teman menjadi faktor utama yang membuat santri merasa betah di pesantren. Mengapa demikian? Karena teman adalah orang yang setiap harinya bersama kita ketika kita hidup di pesantren. Ada hal apapun pasti teman adalah yang paling pertama menanggapi hal tersebut. Dengan banyak teman hidup kita di pesantren akan semakin berwarna.

Karena akan terjadi hubungan yang spesial yaitu seperti hubungan kekeluargaan yang erat. Hubungan ini timbul karena setiap harinya kita melalui hidup di pesantren bersama sama. Susah, senang, sedih, bahagia, canda dan tawa di lalui bersama. Dengan mempunyai banyak teman, kekurangan kita akan terlengkapi. Kita bisa curhat tentang permasalahan, bisa ngobrol juga.

Berbeda dengan orang yang tidak mempunyai teman, ketika mempunyai masalah dia tidak dapat menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga akan muncul perasaan yang membuatnya tidak betah.

3. Dekatkan Diri Dengan Guru

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Setiap hari beliau membimbing kita mendidik kita. Dengan dekat dengan guru kita akan mendapatkan nasehat nasehat, arahan arahan, kata kata yang membuat kita bisa betah di pondok dan dapat menghadapi permasalahan yang kita alami.

Mungkin di ceritakan pengalaman pengalaman yang menarik dari beliau, kisah kisah inspiratif yang dapat memotivasi diri kita untuk semangat hidup di pondok. Kita bisa curhat apapun di manapun dan kapanpun, dan insyaallah guru akan memberikan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang kita alami. Karena dekat dengan guru juga merupakan kunci kita untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

4. Mengikuti Kegiatan Yang Positif

Kegiatan di pesantren pasti sangat banyak, mulai dari kita bangun tidur sampai dengan tidur lagi dan sudah terjadwalkan dengan baik. Untuk proses pembetahan biasanya santri di sarankan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang di minatinya.

Contohnya olahraga yang juga akan membuat tubuh kita sehat. Dengan menyibukkan diri dengan kegiatan positif yang di senangi akan mengurangi perasaan yang membuat kita tidak betah di pesantren.

5. Menghemat Pengeluaran

Dalam mencari ilmu memang di butuhkan pengorbanan harta yang harus di keluarkan. Baik untuk kepentingan pribadi atau kewajiban bulanan pesantren. Untuk itu dengan menghemat uang jajan kita di pondok, selain kita bisa menabung, kita juga akan terbantu ketika ada kebutuhan yang mendadak.

Dengan membuat perencanaan yang baik, akan membantu kita dalam menghemat pengeluaran. Kita mengeluarkan uang ketika benar benar untuk hal yang kita butuhkan. Tidak hanya sekedar membeli barang yang kita inginkan yang sedikit manfaatnya bagi kita, apabila hanya untuk sekedar pamer.

6. Memperbarui Niat

Setiap hari kita harus memperbaiki niat. Niatkan hidup kita untuk melakukan hal hal yang baik. Dengan berniat karena allah. Hidup kita di pesantren akan terasa ringan tidak ada beban.

Niat hidup kita di pesantren untuk menuntut ilmu, untuk belajar, untuk mencari ridho allah SWT. Perbaharui niat kita jangan karena di paksa orang tua, atau karena gengsi dengan tetangga, atau niat yang kurang bagus.

7. Berakhlak Baik

Nabi Muhammad Rasulullah SAW adalah sebagai suri tauladan kita dalam berahlakul karimah, berakhlak yang baik. Seseorang yang memiliki akhlak yang baik akan mempunyai banyak teman, semua orang tidak ada yang memusuhinya.

Selain itu dengan berakhlak yang baik allah juga akan memberikan balasan yang baik bagi kita.

8. Meminta Ridho Orang Tua

Ridho Allah itu Berada pada Ridhonya kedua orang tua, dan murkanya Allah berada pada murkanya kedua orang tua. Dengan meminta keridhoan orang tua membuat jalan hidup kita di permudah ketika di pesantren.

Tidak hanya kita yang harus ikhlas, sabar untuk tidak bertemu dengan orang tua dalam waktu yang tidak sebentar ketika menuntut ilmu di pesantren. Orang tuapun juga harus ikhlas merelakan anaknya belajar di pesantren.

9. Beribadah dan Berdoa

Selain kewajiban beribadah kepada allah akan membuat kita semakin dekat dengan allah. Dengan banyak mengingat allah. Allah juga akan mengingat kita. Contohnya Melaksanakan sholat dan membaca Al Qur’an . Juga berdoa. berdoa ketika setelah sholat wajib maupun sholat sunah.

Usaha tanpa doa itu kosong, doa tanpa usah itu bohong. Usaha sudah di laksanakan, dan di sempurnakan dengan menambahkan doa, baik sebelum maupun sesudah usaha. Setelah kita berusaha untuk betah hidup di pondok kita jangan lupa berdoa kepada allah yang maha agung yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

Kita berdoa agar di berikan ketenangan hidup di pesantren, di berikan kesehatan kebetahan kelancaran dalam semua urusan kita.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari 9 Tips Agar Betah di Pesantren diatas adalah:
  • 9 Tips Agar Betah di Pesantren diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari ketika di Pesantren atau di tempat-tempat karantina lainnya, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
Semoga dengan membaca 9 Tips Agar Betah di Pesantren ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Amin. Memang awalnya berat, namun dengan usaha yang sungguh sungguh, insyaAllah, Allah swt juga akan membantu kita agar membalikkan hati kita betah hidup di pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Ketika Santri Jatuh Cinta Eps. 1 ( Bagian Pertama dan Kedua )

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar