Skip to main content

15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah

15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah by Santrie Salafie

15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah yang paling efektif? Apa saja Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah yang baik? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah.

15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah

Rumah yang efisien dan terinsulasi dengan baik melayani banyak tujuan yang bermanfaat, tetapi seringkali mereka juga akhirnya melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam menjebak polutan udara dalam ruangan! Kita berbicara di sini bahan kimia seperti formaldehyde, trichloroethylene, benzene, xylene, dll — racun yang biasa ditemukan di sebagian besar barang-barang rumah tangga dan produk perawatan pribadi.

Dan ini, pada gilirannya, membuat kita rentan terhadap sejumlah kondisi ringan hingga serius seperti sakit kepala, asma, alergi, kesulitan pencernaan dan banyak lagi. Namun, ada solusi mudah yang ada dan solusi yang seratus persen alami, sehat, dan murah — 15 Tanaman Pembersih Udara Yang Anda Butuhkan Di Rumah Anda.

Ada banyak sekali jenis tanaman rumahan yang dapat Anda tempatkan di dalam ruangan dan melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menyaring partikel udara berbahaya dan melepaskan oksigen segar di udara. Faktanya, NASA telah menerbitkan sebuah studi tentang subjek ini ( Studi Udara Bersih ) dengan produk -produk yang berbeda diberi nilai individual berdasarkan seberapa baik mereka dalam memurnikan udara dalam ruangan.

Di bawah ini adalah daftar 15 produk Pembersih udara seperti itu yang hebat dalam membersihkan udara di dalam ruangan Anda pada saat yang sama karena mereka menambahkan sentuhan yang bagus pada dekorasi Anda. Banyak dari tanaman Pembersih udara ini juga sulit untuk dibunuh dan sangat efektif dalam melawan serangan serangga.

1. TANAMAN LABA-LABA (CHLOROPHYTUM COMOSUM "VITTATUM")

Tanaman laba-laba adalah salah satu tanaman termudah untuk tumbuh dan tumbuh sangat cepat dan dalam berbagai kondisi. Penyiraman dua mingguan akan mencukupi untuk pertumbuhannya dan mampu berkembang bahkan pada suhu yang sangat rendah.

Inilah mengapa kami merasa tanaman ini sangat ideal untuk pemula. Cahaya alami sangat penting untuk pertumbuhan tanaman laba-laba, namun pastikan tidak terkena sinar matahari langsung. Produk laba-laba melakukan pekerjaan yang cukup baik membersihkan udara dalam ruangan dari polutan seperti xylene dan formaldehyde (bahan kimia yang sering ditemukan dalam produk pembersih dan perawatan pribadi).

Para ahli juga merekomendasikan bahwa yang terbaik adalah menempatkan pot tanaman laba-laba Anda di dalam dapur Anda dan di dekat perapian karena tanaman ini pandai membersihkan karbon monoksida yang terbentuk.

2. PEACE LILY (SPATHIPHYLLUM SP)

Peace Lily datang dengan skor Pembersihan udara NASA 7,5, yang cukup untuk memberi tahu Anda bahwa itu adalah salah satu tanaman top untuk melawan polusi udara dalam ruangan. Selain itu, ini adalah tanaman lain yang sangat mudah tumbuh. Simpan di tempat teduh dan sirami tanaman setiap minggu dan hanya ini yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Produk ini melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk membersihkan udara dalam ruangan dari tiga Senyawa Organik Volatil (VOC) yang paling umum —benzena, formaldehid, dan trichloroethylene.

Ini juga bagus untuk membersihkan udara aseton, karsinogen yang biasa ditemukan dalam cat, cat kuku, dll. Namun, kedekatan dengan tanaman mungkin sedikit berbahaya bagi hewan peliharaan Anda, jadi pastikan untuk menjauhkannya dari itu.

3. TANAMAN ULAR (SANSEVIERIA TRIFASCIATA)

Tanaman ini langsung dikenali oleh daunnya yang tajam dan lancip, oleh karena itu namanya (cukup lucu, itu juga disebut Lidah Ibu mertua!). Tanaman ini mudah dirawat dan meskipun mungkin bukan salah satu Produk Pembersih udara teratas, ia masih pandai menyaring formalin.

Lebih penting lagi, seperti yang nantinya akan kita lihat dalam kasus Aloe Vera, tanaman, alih-alih menyerap, sebenarnya melepaskan oksigen di malam hari. Itulah sebabnya mengapa ide yang baik untuk menempatkan tanaman di suatu tempat di kamar tidur Anda.

4. DRACAENA (DRACAENA SPP)

Di antara semua tanaman yang berbeda dalam keluarga Dracaenas, Dracaena Deremensis (Janet Craig), atau Warneck Dracaena, seperti yang biasa disebut, paling baik menghilangkan trichloroethylene yang berasal dari pernis dan pelarut. Karena itu, ide yang bagus untuk menempatkan tanaman ini di dalam ruangan di rumah atau ruang kantor yang baru dicat.

Dengan daun bergaris panjang tumbuh dari batang kecil, tanaman ini juga terlihat cukup menarik dan dapat tumbuh hingga 12 kaki. Namun, jika Anda mau, Anda bisa membuatnya lebih pendek dengan memangkas daunnya.

Tanaman membutuhkan sedikit sinar matahari dan air sedang untuk tumbuh subur. Tepi serta garis-garis dalam spesies Dracaena daun ini memiliki rona keputihan. Namun, jika tepi atau garis mulai menjadi cokelat, ini mungkin karena kelebihan fluoride dalam air yang Anda gunakan untuk tanaman. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mempertimbangkan H2O dalam kemasan untuk menyiram tanaman.

Dan sementara kita berada di tanaman keluarga Dracaena, kita mungkin juga menyebutkan Dracaena Marginata. Tanaman ini terlihat sangat mirip dengan Warneck Dracaena, namun dapat dibedakan dengan tepi ungu-merah di sekitar daun. Tanaman ini bagus menghilangkan formaldehyde, xylene dan trichlorethylene.

5. BOSTON FERN (NEPHROLEPSIS EXALTATA V. BOSTONIENSIS)

Pakis biasanya menimbulkan kesulitan bagi pemiliknya untuk merawatnya. Namun, Boston Fern cukup toleran dalam hal itu. Anda harus menyimpannya di tempat yang sejuk, sebagian teduh dengan sinar matahari tidak langsung mencapai tanaman dan itu akan berkembang dengan baik. Namun, semua pakis membutuhkan kondisi lembab, jadi pastikan untuk memeriksa apakah tanahnya lembab setiap saat.

Pakis Boston bekerja sangat baik sebagai pelembab udara alami, selain menjadi salah satu tanaman top dalam menghilangkan formaldehida secara efektif dari udara dalam ruangan. Produk, dengan pakis bulu yang menarik yang membentang setinggi 4-5 kaki, hadir dengan skor Pembersihan udara NASA sebesar 7,5.

6. FIG FICUS / MENANGIS (FICUS BENJAMINA)

Pada 7,7, Weeping Fig hadir dengan skor Pembersihan udara yang lebih tinggi dan hebat dalam menghilangkan bahan kimia seperti toluene, xylene dan formaldehyde.

Seperti kebanyakan ara, tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung, jadi pilihlah tempat cerah yang bagus untuk itu di rumah Anda. Namun, segala jenis fluktuasi level terang-terangan bisa berakibat buruk bagi kesehatan Produk, jadi ingatlah itu ketika memilih tempat untuk itu. Selain itu, tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan, jadi jauhkan dari jangkauan mereka.

7. KELAPA SAWIT (CHAMAEDOREA SEIFRITZII)

Kelapa Sawit tepat di atas ketika datang untuk memurnikan udara dalam ruangan dari berbagai polutan. Ini memiliki skor Pembersihan udara 8,4 (hanya Lady Palm dan Areca Palm-keduanya pada 8,5-datang dengan skor lebih tinggi) dan merupakan salah satu filter udara terbaik untuk xylene, formaldehyde, trichlorethylene dan benzene.

Terlebih lagi, tanaman ini juga berfungsi sangat baik sebagai pelembab udara, menyerap sebanyak satu liter air per hari.

Dan tidak seperti kebanyakan spesies pohon palem lainnya, tanaman Kelapa Sawit tumbuh dalam kondisi teduh, kurang cahaya dan ini menjadikannya pilihan ideal untuk menjaga di dalam ruangan. Tanaman ini juga pandai melawan serangan hama.

8. ARECA PALM (CHRYSALIDOCARPUS LUTESCENS)

Pohon palem, dengan daunnya yang panjang, besar dan indah, ideal untuk kamar yang lebih besar serta ruang terbuka seperti atrium atau teras yang disaring. Dan seperti yang telah kami sebutkan, ia menempati urutan teratas sebagai Produk pembersih udara dalam ruangan dan membersihkan semua elemen beracun udara dalam ruangan yang teruji.

Tanamannya mudah dirawat dan dengan daun-daunnya yang besar dan melengkung keluar dari beberapa batang seperti buluh, mereka memberikan nuansa tropis yang bagus untuk ruang dalam ruangan apa pun.

9. TANAMAN KARET (FICUS ROBUSTA)

Pembersih udara luar biasa lainnya, Produk karet juga terkenal dengan ketangguhannya dan tahan terhadap suhu yang sangat rendah. Produk dilengkapi dengan skor Pembersihan udara tinggi 8,0 dan akan menghilangkan sebagian besar polutan udara dalam ruangan, meskipun sangat efektif dalam menghilangkan formaldehida.

Tanaman karet tumbuh subur dalam cahaya rendah dan dalam kondisi yang tepat, akan tumbuh setinggi 8-10 kaki. Sebagai penyerap racun yang tinggi, tanaman ini bisa berbahaya bagi kucing dan anjing, jadi pastikan untuk menjauhkan hewan peliharaan Anda darinya.

10. ENGLISH IVY (HEDERA HELIX)

Tanaman ivy ini ditemukan sangat membantu dalam mengurangi partikel materi feses di udara. Ini juga bagus dalam menyerap karsinogen dari daerah kecil, jadi itu pilihan yang ideal untuk keluarga dengan perokok.

Tanaman tumbuh dengan mudah dan cepat di bawah sinar matahari langsung dan membutuhkan sedikit perawatan, namun Anda harus memastikan bahwa tanah tetap lembab hampir sepanjang waktu.

Juga, mengingat sifat invasif dari pertumbuhannya, adalah bijaksana untuk memilih pot yang relatif besar untuk tanaman ini dan tidak menyimpannya terlalu dekat dengan tanaman lain.

11. KURCACI KURMA (PHOENIX ROEBELENII)

Kelapa sawit lain yang memiliki skor Pembersihan udara yang tinggi (7,8) dan pandai menghilangkan sebagian besar racun yang terbawa udara, meskipun sangat efektif dalam membersihkan udara xylene, suatu bahan kimia yang ditemukan di sebagian besar pengencer dan pelarut cat.

Tanaman ini juga berfungsi dengan baik sebagai pelembab udara alami dan mudah dirawat. Biasanya tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung (meskipun tingkat pertumbuhannya agak lambat), tetapi itu akan baik-baik saja bahkan jika Anda menempatkannya di daerah dengan cahaya rendah. Dan seperti telapak tangan bambu, pohon kurma mini yang terlihat menggemaskan ini akan memberikan nuansa tropis nyata ke kamar Anda.

12. ALOE VERA (A. BARBADENSIS)

Menurut peringkat NASA, Aloe Vera mungkin tidak memegang peringkat atas ketika datang untuk memurnikan udara dalam ruangan, tetapi semua Produk melakukan pekerjaan yang baik membersihkan udara dalam ruangan dari bahan kimia seperti benzena dan formaldehida. Tetapi Produk tersebut dikenal memiliki beragam manfaat lain, itulah sebabnya kami menyebutkannya dalam daftar ini.

Daun lidah buaya, misalnya, mengeluarkan gel lidah buaya yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati kondisi seperti luka bakar, goresan, dan luka lainnya. Penelitian terbaru mengungkapkan bukti bahwa gel dapat bermanfaat untuk mengobati kondisi kulit yang sulit seperti psoriasis.

Lidah buaya biasanya digunakan secara topikal, tetapi jika orang lebih suka, lidah buaya dapat digunakan secara internal dengan cara membuat smoothie dari daun lidah buaya.

Secara keseluruhan, Aloe Vera adalah tanaman yang berguna untuk disimpan di dalam ruangan, mungkin di dapur Anda. Hanya perlu diingat bahwa tanaman membutuhkan drainase yang tepat untuk berkembang, jadi pastikan tidak pernah ada genangan air di pot lidah buaya Anda.

13. GERBERA DAISY (GERBERA JAMESONII)

Tanaman daisy ini sangat efektif dalam menyaring polutan seperti benzena dan trichlorethylene. Seperti semua aster, Gerberas tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung dan membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik. Jadi pastikan untuk menempatkan tanaman ini di tempat yang terang dan cerah dan pilih pot dengan banyak lubang untuk drainase yang baik.

Tanaman datang dengan daun hijau besar dan mekar berwarna-warni dengan kelopak bunga satiny, yang semuanya menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk disimpan di ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi Anda - hampir di semua tempat yang Anda suka, asalkan cukup.

Sinar matahari sepanjang hari (Kami menyarankan kusen jendela sebagai tempat terbaik untuk pot bunga aster Anda.). Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pupuk ringan yang larut dalam air setiap dua minggu pada tanaman ini, terutama ketika bunga-bunga mekar.

14. CHRYSANTHEMUM (CHRYSANTHEIUM MORIFOLIUM)

Asli lain dari iklim hangat, Krisan, seperti halnya gerberas, membuat pilihan yang sangat baik untuk tanaman indoor yang berfungsi ganda untuk memurnikan ruangan Anda serta memperindah ruang.

Seperti yang sering disebut, 'ibu' melakukan pekerjaan yang cukup rapi membersihkan udara dalam ruangan dari benzena dan tanaman juga dikenal digunakan untuk penyedap dan keperluan pengobatan.

Drainase yang baik dan sinar matahari langsung sangat penting untuk pertumbuhan, jadi pilihlah posisi cerah atau terang untuk ibu Anda. Juga, karena Anda akan menanam di dalam ruangan, pastikan untuk memilih bunga krisan dan bukan varietas taman.

15. CHINESE EVERGREEN (AGLAONEMA SP.)

Chinese Evergreen adalah salah satu tanaman Pembersih udara termudah untuk tumbuh di rumah Anda dan juga sangat baik dalam menghilangkan berbagai racun udara dalam ruangan.

Tanaman tropis ini biasanya lebih menyukai udara lembab, tetapi akan mentolerir dan tumbuh cukup baik di semua kondisi. Namun, sesekali gerimis adalah ide yang bagus jika tanaman disimpan di udara yang terlalu kering.

Mereka tumbuh dengan cukup baik di daerah yang kurang cahaya, jadi Anda tidak perlu repot tentang tempat Anda meletakkan pot. Daun abu-abu, perak dan hijau mengkilap tanaman dengan garis-garis, bintik-bintik dan garis-garis mereka juga menambahkan sentuhan yang bagus untuk dekorasi apa pun.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah diatas adalah:
  • 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah diatas bisa kita aplikasikan di dalam rumah kita, namun dari ke 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah tersebut, tidak harus kalian gunakan semuanya. Silahkan sesuaikan dengan kondisi rumah dan selera kalian masing-masing.
Semoga dengan membaca 15 Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang mencari Tanaman Pembersih Udara di dalam Rumah. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 11 Tanaman Hias Indoor Terbaik dan 11 Ide Kreatif Penanaman

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar