Skip to main content

Bahaya Sifat Iri Hati dalam Kehidupan sehari hari

Bahaya Sifat Iri Hati dalam Kehidupan sehari hari by Santrie Salafie

Bahaya Sifat Iri Hati dalam Kehidupan sehari hari - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Sifat Iri Hati? Bagaimana agar tidak Terjebak dengan Sifat Iri Hati? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi artikel tentang Sifat Iri Hati.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Sifat Iri Hati.

Apa itu Iri Hati?

Iri Hati ialah kebencian yang disebabkan karena orang lain mempunyai sesuatu yang tidak ia miliki dan ia menginginkan sesuatu itu untuk dirinya sendiri.

Rasa iri hati atau hasad dalam Islam merupakan akhlak tercela. Karena hasad pada hakikatnya tidak menyukai apa yang Allah takdirkan. Merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain pada hakikatnya adalah tidak suka dengan apa yang telah Allah takdirkan dan menentang takdir Allah. Allah ta’ala berfirman dalam Al Qur'an

Ciri Ciri Seorang yang Memiliki Sifat Iri Hati

Karena sifat iri hati ini tergolong ke dalam sifat tercela, sudah pastinya seorang yang memiliki sifat iri hati juga akan memiliki sifat tercela. Maka dari itu, jangan sampai sifa iri hati tersebut masuk ke dalam pribadi kita. Allah ta'ala berfirman dalam Al Qur'an,
وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا
"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu."QS. an Nisa: 32

Di dalam ayat diatas sudah jelas bahwa Allah swt melarang kita untuk iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada orang lain. Dalam hal ini, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui Ciri Ciri Seseorang yang Memiliki Sifat Iri Hati. Supaya kita tidak terjangkit atau bahkan sifat iri hati tersebut merasuk ke dalam pribadi kita. Berikut Ciri Ciri Seorang yang Memiliki Sifat Iri Hati:

1. Tidak Senang Melihat Orang Lain Bahagia

Seseorang yang Memiliki Sifat Iri Hati Tak Akan Pernah Senang saat Melihat Orang Lain bahagia. Seseorang yang mempunyai sifat iri dihatinya tidak akan pernah suka melihat kebahagian orang lain, ia tidak akan pernah senang melihat orang lain mendapat ketenangan, kedamaian, dan nikmat lebih dari Allah.

Mengapa? Karena yang ada dalam hatinya hanya sifat benci dan rasa membuncah untuk selalu mendapatkan lebih, dan hal itu tercipta saat hati sudah tak ada lagi ruang untuk “Bersyukur”.

2. Egois

Seseorang Yang Dihatinya Ada Sifat Iri Akan Tidak Terima Saat Mendengar Orang Lain Mendapat Kesenangan. Oleh karenanya, seseorang yang dihatinya ada sifat iri akan tidak terima saat mendengar orang lain mendapat kesenangan, ia akan menjadi tidak tenang.

Karena dia merasa saat orang lain memperoleh kebahagiaan, maka dia telah kalah dan karena keegoisan dirinya yang selalu membungkus hatinya hingga akhirnya mendarah daging menjadi dengki.

Hatinya akan sangat berat bila melihat orang lain mendapat tambahan rezeki dari Allah, karena keegoisan diri yang terlalu lama bersarang.

Apakah ada seorang yang seperti itu? Ada; Pasti banyak, bisa jadi kita pernah melihat hal itu dari diri orang lain, atau dari diri kita sendiri yang sama sekali kita tak pernah sadari selama ini. Na'udzubillah.

3. Mudah Gelisah

Hati Yang Terjangkit Iri, Biasanya Mudah Gelisah dan Tidak Tenang jika Mendengar Orang Lain Mendapat Nikmat yang Lebih Dari Allah.

Karena hati yang terjangkit rasa iri biasanya akan mudah gelisah dan tidak tenang, bila mendengar orang lain tengah mendapat nikmat lebih dari Allah. Ia akan gelisah dan terus gelisah, mengapa demikian?

Sebab hatinya telah penuh dengan rasa dengki dan kebiasaan memperhatikan kebahagiaan orang lain, sampai dirinya-pun lupa, bagaimana caranya bahagia dengan bersyukur dan kerendahan hati.

4. Selalu Berprasangka Buruk atau Su'udzdzon

Dihantui kekhawatiran akan disaingin tentu akan selalu bergejolak didalam hati, sehingga su'udzdzan selalu mengajaknya untuk berbuat hina. Seperti apakah kehinaan yang didapat dari fikiran husnudz-dzan?

Yaitu mengada-ngada, menfitnah, dan mencaci akan mulai menghiasi catatan amal buruk kita, maka hati-hatilah sahabat jangan sampai perasaan iri itu ada dihati kita.

5. Tidak Ada Lagi Rasa Kasih Sayang

Hati Dan Pikirannya Tidak Akan Pernah Tenang, Sebab Yang Ada Didalam Hatinya Hanya Rasa Benci Dan Benci

Karena bila hati sudah dijangkit rasa iri maka hati dan pikirannya tidak akan pernah tenang, sebab yang ada didalam hatinya hanya rasa benci dan benci.

Sudah tak akan ada lagi rasa kasih sayang didalam hatinya, sebab rasa benci sudah membuatnya gelap hati dan lupa tanggung-jawabnya sebagai seorang hamba, yang mana seharusnya senantiasa berkasih sayang kepada sesama.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel yang berjudul Bahaya Sifat Iri Hati dalam Kehidupan sehari hari diatas adalah:
  • Rasa iri hati atau hasad dalam Islam merupakan akhlak tercela. Karena hasad pada hakikatnya tidak menyukai apa yang Allah takdirkan. Merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain pada hakikatnya adalah tidak suka dengan apa yang telah Allah takdirkan dan menentang takdir Allah.
Semoga dengan membaca artikel "Bahaya Sifat Iri Hati dalam Kehidupan sehari hari" ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua agar tidak terjebak ke dalam sifat iri hati. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Macam Macam Jenis LifeStyle dan Apa itu Green LifeStyle?

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar