Skip to main content

7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren

7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren by Santrie Salafie

7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren - Pernahkah kalian membaca atau mendengar kisah tentang Fakta-Fakta Unik Santri Pondok Pesantren? Apa saja Fakta Unik Santri Pondok Pesantren? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang 7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang 7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren.

Fakta Unik Santri Pondok Pesantren

Kali ini kita akan membahas tentang FUSS atau Fakta Unik Seputar Santri...,, kalau mendengar kata santri,, yang terbayang pasti seorang sarungan, berpeci, yang membawa kitab kuning kemana-mana,, tapi... jangan salah sobat,, dibalik itu mereka mempunyai kebiasaan-kebiasaan unik and kocak yang gak bakalan dirasain orang lain lho... gak percaya???,, let's check it out...!!!

Fakta Unik Santri 1: Piring Tak Bertulang

You know Piring Tak Bertulang?? Piring unik ini hanya dapat kita temukan di lingkungan SANTRI,, kita lebih mengenalnya KANTONG KRESEK atau PLASTIK, bisa disebut juga PIRING LEULEUS(istilah sundanya). Piring ini biasa digunakan jika para santri malas mencuci piring, atau piringnya hilang, dan berbagai alasan lainnya.

Memang sekilas, piring praktis ini terlihat gak ngemodal,, tapi disisi lain mengajarkan arti menerima apa yang ada dan ikut merasakan penderitaan orang yang kekurangan. Namun yang menjadikannya istimewa adalah kebersamaannya tuhh terasa banget, ketika sedang makan bersama dengan lauk yang seadanya diwarnai canda tawa khas kawan-kawan. :-D

Fakta Unik Santri 2: Hey.. Antri Dong

MENGANTRI seakan menjadi tradisi santri, bisa diartikan MENUNGGU YANG TAK PASTI. Contohnya, ketika mengambil makan, kita harus mengantri panjang hanya untuk mendapatkan sepiring nasi. Itu pun kalau kebagian, kalau tidak kita harus menahan lelahnya mengantri, sakitnya rasa kecewa, dan serbuan rasa lapar yang menyergap perut kita.

Tapi tenang... anak santri tuhh senang berbagi, makan sepiring rame-rame juga jadi kok.. dan anehnya, mereka merasa kenyang, mungkin itu yang disebut berkahnya jadi santri... Juga masalah hammaam(kamar mandi)/wc. Kita harus rela antri untuk bisa mandi. Semua ini dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Maka tak heran jika dalam kehidupan, santri biasanya lebih tabah dan sabar ketika ditimpa musibah dibanding anak lainnya.

Fakta Unik Santri 3: Sandal Ajaib

Jangan heran jika kita menemukan sandal-sandal ajaib dipondok. Sandalnya tuhh bisa menghilang tanpa jejak. Mau tau kenapa??.. karena ada GHASAB, atau dipakai orang lain tanpa bilang ke yang punyanya... kalau rezeki yaa balik lagi,, kalau bukan yaa.. hilang entah kemana. Ini juga merupakan latihan MENGIKHLASKAN lho... mengikhlaskan yang telah pergi dan menjaga yang baru serta menyimpannya ditempat yang lebih aman... :-)

Fakta Unik Santri 4: Terlalu Khusyuk

Ada beberapa santri yang dijuluki 'ABU NAUM' atau RAJAnya TIDUR. Mungkin karena terlalu lelah beraktivitas, atau kurang tidur menjadikannya terlalu khusyu' ketika mengaji. Sampai-sampai dia tidak tahu apa yang disampaikan oleh kiyai karena terlalu asyik menjelajah alam mimpi.

Biasanya,, santri tuhh suka iseng, kalau gak dikerjain, yaa ditinggalin waktu pulang. Malunya tuhh kalau lagi ngaji dikomplek santri putri, ada santri putra yang tidur waktu pengajian berlangsung, sewaktu pulang sengaja dia ditinggalin oleh teman2nya, santri putri pun melihat dan menertawakannya, dia pun bangun dan langsung berlari pulang tanpa menghiraukan kitabnya yang tertinggal, sandalnya pun dijingjing. Ekspresi wajahnya tuhh kocak banget!!! Wkwkwk... :-D

Fakta Unik Santri 5: Pulpen Manja

Hi-Tech. Pulpen yang mempunyai ujung yang runcing sehingga memudahkan para santri dalam melogath/menerjemahkan kitab kuning. Namun pulpen ini membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati. Gak boleh terjatuh, terbentur, atau terkena air. Harganya pun mahal. Jika pulpen yang lain berkisar 3000an, ini bisa mencapai 9000an lho satunya.

Paling GREGETan kalau baru beli pulpen ini, belum sempat dipake, ehh jatuh... udahh dehh,, nyawa nya gak bisa terselamatkan... beli lagi yang baru... TEKOR dehh,, tapi ini juga melatih kita untuk menjaga barang2 dengan baik, karena itu dibeli dari uang orang tua yang telah bersusah payah mencarinya...

Fakta Unik Santri 6: Ada Dia Dibalik Hijab

Hanya mengagumimu dari kejauhan. Sebuah kata yang pas untuk santri yang sedang jatuh cinta, namun jarak yang memisahkannya.

RINDU adalah teman setia para santri yang sedang diuji oleh takdir. Ketika mata melihat si dia, senang nya tuhh LUARR BIASAA..... hati serasa dipenuhi oleh taman bunga yang bermekaran. Inilah indahnya cinta yang hanya bisa dirasakan oleh santri.

Ketika orang seusianya diluaran sedang berpacaran, ia hanya bisa merangkai doa dalam sujud agar dipersatukan dengan dia yang dicintai hingga jannah-Nya. Inilah yang disebut cinta suci. Tanpa dosa BERPACARAN.

Namun, iseng nya tuhh,, kalau sedang mengaji, penghalang antara santri putra dan putri adalah hijab atau kain tebal gelap yang memisahkan antara putra dan putri sehingga tidak bisa bersatu, bertemu, dan saling berpandangan. Hijabnya tuhh suka dilubangin pake pulpen oleh santri putra, lalu dia pun melihat santri putri lewat lubang tsb.. ada aja yaa akal-akalan nyaa.. :-D

Fakta Unik Santri 7: Malunya Tuh Disini

Hukuman/TA'ZIR bagi santri putra yang melanggar aturan, jenisnya pun bermacam-macam, tergantung kesalahan yang diperbuat. seperti lari, jalan bebek, dibotak, direndam di kolam ikan/balong, dsb.

Tidak hanya itu, ditambah dengan di FASHION SHOWkan didepan semua santri putri and putra.. duhh malu nyaa...

Makanya sobat,, harus jadi santri yang baik biar ngebanggain,, bukannya malah malu-maluin... :-D kan kalau di ta'zir, sendiri juga yang malu kan?? ini juga mengajarkan kita supaya bertanggung jawab atas kesalahan yang kita lakukan, dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Penutup

Nah,, sebenarnya masih BUANYAAKK lagi fakta-fakta unik lainnya seputar santri,, ternyata banyak yaa pelajaran yang dapat diambil dari kebiasaan-kebiasaannya selain dari apa yang disampaikan oleh kiyai.

  • MANDIRI??? Jelas..!! hidup tanpa orang tua tak membuatnya putus asa, namun menjadikannya lebih bersemangat dalam mencari ilmu dan menata masa depan yang gemilang. Juga kehadiran para teman seperjuangan yang menghiasi hari-harinya dengan kebersamaan, keseruan, kelucuan, dan lain-lain, merekalah keluarga ke-dua nya dipondok.
  • Bagi sobat-sobat semua,, ayoo kita menuntut ilmu dipondok pesantren,, agar tahu dan merasakan bagaimana istimewanya menjadi SANTRI... :-) ;-) ;-) Atau masih bingung ingin nyantri dimana? Tenang.. jangan khawatir, Admin sudah siapkan Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia. Siapa tau ada yang cocok dengan salah satu Daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indonesia yang Admin sediakan.

Semoga dengan membaca 7 Fakta Unik Santri Pondok Pesantren ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang Santri Pondok Pesantren. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 9 Tips Agar Betah di Pesantren

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar