Skip to main content

5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran

5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran by Santrie Salafie

5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran - Pernahkah Kalian membaca atau mendengar kisah tentang Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran? Bagaimana Caranya Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang 5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang 5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran.

Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran

Mempunyai anak yang hafal Al Qur'an adalah impian semua orang tua Muslim, dan ini memang adalah tujuan yang begitu sangat mulia.

Berikut 5 tips agar anak-anak mencintai dan kecanduan Al Quran yang bisa dipraktekkan oleh Ayah dan Bunda di rumah:

1. Berhenti Menyuruh Anak

Cara yang pertama adalah berhentilah menyuruh anak agar membaca Al-Qur'an. Artinya sebagai orangtua kita tidak hanya meyuruh anak tapi harus memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada anak-anak terlebih dahulu.

Ayah dan Bunda sebaiknya membaca Al-Quran secara rutin setiap harinya di hadapan anak . Walau awalnya mereka cuek, tapi percayalah, mereka itu memperhatikan dan mulai menginstal dirinya bahwa inilah yang harus mereka lakukan juga.

2. Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al Quran

Buatlah agenda keluarga untuk membuat halaqah Al Qur'an. Setiap ba’da Shubuh atau Maghrib, misalnya, ayah bunda duduk dalam lingkaran, kemudian bergantian membaca Al Quran.

3. Tadabbur Terjemahan Al-Quran

Agar anak-anaknya tertarik untuk mentadaburi Al Quran, maka ayah bunda bisa mulai membiasakan tadabbur terjemahan Al Quran. Insya Allah setelah konsisten, anak-anak pun penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan ayah bunda mereka. Ketika mereka mendengarkan terjemahan AlQuran , secara otomatis anak-anak akan mulai mengerti arti dari ayat Al Quran yang setiap hari mereka tadabburi dan baca.

4. Mencoba Menghafal Al Quran Bersama

Jika sebelumnya anak-anak biasa menghafal Al Quran sendiri, maka untuk membuat anaknya tidak bosan untuk menghafal Al Quran, maka Ayah bunda bisa mengajak anak-anak untuk menghafal Al Quran bersama-sama. Agar ayah dan bunda juga memahami susahnya untuk menghafal AlQuran, & bisa mengetahui apa yang anaknya lewati untuk menghafal Al Quran.

5. Puji Anak Depan Suami atau Istri

Untuk membuat minat anak semakin besar terhadap Al Qur'an, maka biasakan memuji setiap perkembangan anak-anak dalam mempelajari Al Quran di depan ayahnya. Bunda biasakan sengaja memuji anak-anak di depan ayahnya, agar mereka merasa diakui dan semangatnya semakin besar untuk mempelajari Al Qur'an.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari 5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran diatas adalah:
  • 5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran diatas bisa kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dari poin-poin diatas tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan yang sudah dicoba. Semua itu kembali lagi kepada kesungguhan diri kita masing-masing dalam mengaplikasikannya pada usaha yang dilakukan.
  • Intinya sebelum orang tua mengajak anak untuk cinta Al Quran maka orang tua harus terlebih dahulu mencintai Al Qur'an, maka barulah lahir anak-anak pecinta Al Qur'an.
Semoga dengan membaca 5 Tips Agar Anak Mencintai dan Kecanduan Al Quran ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang berusaha untuk menjadi Ahlul Quran. Amin. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips dan Trik Menghafal Al Quran Dengan Rumus 20x20

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar