Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog | Tutorial Blogging Santrie Salafie

Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan Uang dari Blog? Pertanyaan itulah yang dahulu selalu terlintas dalam pikiran Admin ketika awal terjun ke dunia blogging. Apa kalian juga demikian? Memang tidak bisa dipungkiri, kenyataan bahwa blog bisa menghasilkan adalah benar dan sudah terbukti pembayarannya. Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal? Tenang, karena melalui situs Salafie Salafie ini Admin akan membagikan solusi terbaik untuk kalian semuanya tentang cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan dari Blog.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut pembahasan tentang cara termudah untuk menghasilkan Uang dari Blog.

Syarat untuk mendapatkan uang dari blogging

Sebelum berencana menghasilkan uang dari blogging berikut adalah syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu,
  1. Buat beberapa konten luar biasa.
  2. Dorong lalu lintas yang konsisten ke blog anda.
  3. Pelajari sebanyak mungkin sebelum menerapkan apa pun ke blog anda.
  4. Jangan takut untuk membuat kesalahan (Belajarlah dari kesalahan orang lain tetapi bereksperimen sendiri, jika sesuatu tidak berhasil untuk seseorang, itu tidak berarti bahwa itu tidak akan berhasil untuk anda).

Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang dari Blog? dan Bagaimana Cara untuk Monetisasi Blog?

Lebih baik memiliki beberapa sumber penghasilan tambahan daripada mengandalkan satu sumber pendapatan tunggal. Blogging adalah pilihan yang baik untuk menghasilkan beberapa dolar lagi, namun, jika anda mau, anda bisa mendapatkan penghasilan penuh dari blogging. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara-cara yang telah terbukti sepenuhnya tentang:

Jika anda sudah menyiapkan blog, maka siap-siap saja untuk memonetisasinya. Pada dasarnya, ada tiga cara untuk menghasilkan uang dari blogging dan itu adalah:

1. Dapatkan uang dari blogging dengan Iklan

Ketika sudah siap untuk memonetisasi blog, hal pertama yang muncul di benak blogger pemula adalah beriklan. Di bawah ini adalah beberapa jenis kerjasama yang dilakukan oleh blogger untuk memonetisasi blog mereka:

a. Google Adsense
Google Adsense adalah jaringan periklanan paling populer di luar sana. Ini adalah jaringan periklanan yang dijalankan oleh Google untuk menayangkan iklan di situs web mitra kontennya.

Keindahan Google Adsense adalah hanya menampilkan iklan yang relevan untuk pengunjung, berdasarkan lokasi geografis dan minat mereka yang menarik pembaca untuk mengklik iklan. Google Adsense adalah jaringan periklanan berbasis BPK (Biaya Per Klik), yang berarti Google membayar anda setiap kali iklan di blog anda diklik. BPK tergantung pada jenis konten situs web anda. BPK umumnya ditetapkan oleh pengiklan.

Bisakah saya menghasilkan uang dengan situs web gratis menggunakan Google Adsense? Ya, anda bisa menghasilkan dari Google Adsense dengan situs web gratis tetapi situs web tersebut harus di-host di blogger.com

Berapa banyak uang yang akan saya hasilkan dari Adsense? Baik! Itu tergantung pada banyak hal. Seperti lalu lintas yang anda peroleh di blog anda, konten situs web anda , negara tempat anda mendapatkan lalu lintas, dll. Tapi kami akan mengatakan, jika semuanya dilakukan dengan benar, anda dapat menghasilkan jumlah uang yang layak dari Adsense.

Apakah ada program iklan serupa lainnya? Benar ! Google Adsense bukan satu-satunya jaringan periklanan di luar sana. Ada banyak lagi seperti media.net , Chitika , Viglink dll.

b. Jual Iklan Langsung
Menjual ruang iklan langsung ke pengiklan anda lebih baik daripada menggunakan jaringan iklan karena anda tidak memiliki perantara antara anda dan pengiklan, yang berarti lebih banyak keuntungan.

Kelemahan dari Iklan Langsung adalah anda memerlukan jumlah lalu lintas yang cukup untuk datang ke blog anda. Jika tidak, tidak akan ada pengiklan yang tertarik untuk menampilkan iklan mereka di blog anda. Iklan langsung sama seperti iklan bergambar tetapi di sini anda harus mengelola klien dan iklan anda sendiri. (Namun, anda dapat mempekerjakan seseorang untuk mengelola iklan langsung anda).

Anda dapat menagih pengiklan mengenai biaya sekali pakai atau biaya bulanan, itu sepenuhnya tergantung pada anda. Jika blog anda cukup berhasil, maka pengiklan dapat menghubungi anda secara langsung untuk beriklan di blog anda, anda harus menghubungi pengiklan dari pihak anda.

c. Pesan Sponsor
Posting yang disponsori juga merupakan bentuk iklan, di mana anda bekerja dengan perusahaan untuk mewakili atau mempromosikan produk atau layanan mereka di blog anda. Sebagai imbalannya, mereka membayar sejumlah uang kepada anda, sebagaimana ditetapkan oleh kedua belah pihak.

Posting yang disponsori adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari blogging karena anda tidak harus menampilkan iklan yang mengganggu kepada pembaca anda dan anda memiliki kontrol penuh atas konten dari posting yang disponsori.

Untuk melakukan posting disponsori, hubungi perusahaan di wilayah pasar anda , tunjukkan kepada mereka statistik lalu lintas situs web anda, pengaruh media sosial anda, demografi audiens anda, siapa audiens target anda, dan data situs web lain yang relevan. Jika mereka tertarik maka negosiasikan kesepakatan. Atau anda juga dapat mendaftar ke situs web seperti Izea , Famebit dll. Untuk mencari sponsor.

Cara untuk melakukan posting yang disponsori: Pilih sponsor yang terkait dengan niche anda saja Bersikap tidak memihak saat menulis tentang suatu produk atau layanan Jangan menulis terlalu banyak posting bersponsor, ini dapat berdampak negatif bagi pembaca

2. Dapatkan uang dari blogging dengan Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi umumnya berarti anda mempromosikan produk orang lain di blog anda melalui tautan unik yang disebut tautan afiliasi. Ketika seseorang membeli melalui tautan itu maka jaringan afiliasi membayar anda beberapa persentase dari harga jual sebagai komisi. Ini bentuk iklan tetapi sedikit berbeda karena hanya membayar anda jika seseorang membeli produk.

Afiliasi pemasaran merupakan pilihan yang lebih baik untuk menghasilkan uang dari blogging daripada iklan. Karena anda memerlukan sejumlah besar lalu lintas untuk menghasilkan banyak uang melalui iklan.

Tampaknya bertentangan karena iklan membayar anda untuk setiap klik yang dibuat, sementara itu tidak terjadi dalam pemasaran afiliasi. Tetapi kebenaran sebenarnya adalah ketika seseorang membeli melalui link afiliasi anda , anda dibayar jauh lebih tinggi daripada iklan.

Hasilkan Uang dari Blogging dengan Iklan atau pemasaran Afiliasi?
Baik! Sekali lagi itu tergantung pada niche anda . Misalnya, jika anda menulis tentang niche tertentu, pemasaran afiliasi dapat bekerja paling baik untuk blog anda sementara jika anda tidak menjadi niche tertentu dan menulis tentang topik acak, iklan mungkin bekerja paling baik untuk anda .

Itu sebabnya lebih baik memiliki campuran keduanya. Dan kemudian beralih ke hanya satu, yang paling cocok untuk blog anda. Ada banyak jaringan afiliasi di luar sana, seperti Amazon, ClickBank, Commission Junction dll ... di mana anda akan mendapatkan banyak produk untuk dipromosikan.

Langkah-langkah untuk memulai pemasaran afiliasi

  1. Mendaftar untuk program afiliasi.
  2. Pilih produk yang terkait dengan niche anda.
  3. Hasilkan tautan afiliasi.
  4. Tulis artikel berkualitas tinggi tentang produk itu.
  5. Promosikan artikel anda.

3. Hasilkan Uang dari Blogging Dengan Menjual Produk atau Layanan anda Sendiri

Tidak ada cara yang lebih baik daripada menjual produk anda sendiri ketika membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog. Dengan menjual produk anda sendiri, anda dapat menyimpan semua keuntungan untuk diri sendiri. Tidak perlu membayar sebagian besar keuntungan anda kepada mitra pihak ketiga. Dengan cara ini, anda dapat memaksimalkan blog anda. Di bawah ini adalah beberapa ide untuk menjual produk anda sendiri.

a. Produk Digital
  • Jual buku elektronik
Menjual e-book adalah hal pertama yang muncul di benak blogger ketika harus menjual produk digital karena e-book mudah dibuat. Jika anda memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sesuatu dan jika anda berpikir bahwa pengetahuan itu pantas mendapatkan uang sebagai gantinya, ubahlah menjadi e-book atau anda dapat berbagi kiat rahasia yang benar-benar membantu anda sepanjang perjalanan anda.

Hampir semuanya dapat diubah menjadi e-book berbayar jika layak menerima jumlah uang yang anda bayarkan sebagai imbalan. Ubah mereka menjadi PDF dan gunakan salah satu dari banyak plugin yang tersedia di WordPress untuk menjual produk digital anda.

  • Jual kursus online
Apakah anda pandai dalam sesuatu yang orang ingin pelajari ?? Apakah anda memiliki sesuatu yang berharga untuk diajarkan kepada orang-orang ?? Jika ya, buat panduan langkah demi langkah untuk itu. Sertakan video, slide, atau apa pun yang menurut anda akan membuat proses pembelajaran lebih mudah.

Tentukan jumlah yang ingin anda bebankan untuk kursus itu, anda juga dapat mengenakan biaya untuk dukungan yang disesuaikan. Setelah kursus anda siap, pilih sistem manajemen pembelajaran (SMM) untuk memberikan kursus.

b. Jual produk fisik
Menjual produk fisik bisa sedikit sulit dibandingkan dengan menjual produk digital karena anda perlu menangani produk sendiri jika tidak punya cukup uang untuk melakukan outsourcing bagian penanganan produk.

Anda dapat menjual barang dagangan anda sendiri melalui blog. Ini bisa berupa t-shirt, cangkir kopi atau yang lainnya. Jika pembaca menyukai dari ide-ide anda maka mereka akan senang membeli barang dagangan anda. Ini cara yang bagus untuk membangun merek dagang anda juga.

Anda tidak selalu perlu menjual sesuatu di blog, jika memiliki toko online atau berencana membangunnya maka blog bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan toko online, asalkan toko online dan blog berasal dari niche yang sama. anda juga dapat memulai drop shipping store jika tidak nyaman menangani produk sendiri.

c. Jual layanan
kami pikir anda akan setuju dengan kami bahwa semua orang dilengkapi dengan semacam keterampilan, yang dapat mereka tawarkan dengan imbalan uang. kami yakin anda juga memilikinya. Saat ini hampir setiap layanan dapat dijual secara online, baik itu penulisan, proofreading, desain, pemrograman, keahlian profesional atau yang lainnya.

Pilih saja keahlian anda dan jangkau orang-orang melalui blog. Buatlah portofolio pekerjaan anda untuk ditunjukkan kepada orang-orang, yang akan membuat mereka lebih tertarik pada layanan anda . Layanan penjualan adalah cara yang baik untuk menghasilkan uang dari blogging karena di sini orang membayar anda untuk melakukan apa yang benar-benar anda sukai.

Berikut adalah beberapa layanan yang mungkin anda pertimbangkan untuk dijual:

  • Penulisan.
  • Proofreading.
  • Merancang: Logo, Kop Surat, kartu nama, Situs web, Sampul buku, Ikon dll.
  • Pengeditan Foto.
  • Fotografi.
  • Pemrograman: Pemrograman web, Aplikasi, Perangkat Lunak dll.
  • Asisten virtual.
  • Konsultan Hukum.
  • Pelatihan, dan banyak lagi.

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blogging
1. Host Webinar Berbayar
Webinar adalah cara luar biasa untuk terhubung dengan audiens dengan cara yang lebih dekat. Webinar adalah sesi langsung yang diselenggarakan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan beberapa informasi pendidikan atau bisnis kepada audiens mereka. Ini lebih seperti sesi tanya jawab.

Namun, anda dapat memperoleh uang dengan hosting webinar berbayar, di mana hanya anggota berbayar yang dapat berpartisipasi. Orang-orang membayar untuk menghadiri webinar dan sebagai gantinya, anda memberikan beberapa pelajaran berharga.

WordPress memudahkan anda meng-host webinar dengan perangkat lunak seperti Go to webinar , Webinar on air, dll… Namun, ini adalah perangkat lunak berbayar. Jika ingin ikhtisar terperinci dari perangkat lunak ini, silakan kunjungi 9 Perangkat Lunak Webinar Terbaik untuk Pengguna WordPress oleh WP Beginners. Anda tidak selalu perlu meng-host webinar online untuk menghasilkan uang, anda juga dapat menggunakan blog untuk menjual tiket untuk seminar langsung.

2. Buat Halaman Hanya untuk Anggota di Blog Anda
Membuat area khusus anggota adalah salah satu cara blogger menghasilkan uang. Namun, itu datang dengan tanggung jawab besar untuk menyediakan konten premium kepada anggota berbayar secara teratur. Pembaca mungkin tertarik untuk mengetahui tips pribadi yang anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan blog.

Hari ini semua informasi tersedia online secara gratis itu sebabnya untuk dapat membayar keanggotaan blog, perlu menyediakan sesuatu di luar anggaran. Jika anda ingin membuat blog keanggotaan berbayar, mungkin bermanfaat untuk menggunakan alat seperti Rainmaker.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial Blogging diatas adalah:
  • Menghasilkan Uang dari Blog memang tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi juga tidak semudah yang ucapkan. Syarat utamanya adalah Ketekunan, Tidak Mudah Menyerah dan Kesabaran. Cukuplah tiga poin tersebut sebagai modal awal untuk memulai sebuah blog atau situs yang sengaja diarahkan untuk mendapatkan uang darinya.
  • Cara yang disebutkan di atas bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dari blogging. Ada banyak cara lain yang juga bisa kalian coba, tetapi cara diatas adalah cara terbaik dan termudah dari beberapa cara pilihan yang digunakan secara luas di mana para blogger bisa menghasilkan uang.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah, selamat mencoba. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Agar Disetujui Google AdSense

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar