Skip to main content

10 Plugin WordPress yang WAJIB di Install untuk Pemula

10 Plugin WordPress yang WAJIB di Install untuk Pemula by Santrie Salafie

10 Plugin WordPress yang WAJIB di Install untuk Pemula - Apa saja Plugin WordPress yang WAJIB di Install? Pertanyaan itulah yang dahulu selalu terlintas dalam pikiran Admin ketika memulai membuat situs online. Apa kalian juga demikian? Tapi tenang, karena melalui situs Salafie Salafie ini Admin akan membagikan solusi terbaik untuk kalian semuanya tentang Plugin WordPress yang harus di Install untuk Pemula.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut pembahasan tentang 10 Plugin WordPress yang WAJIB di Install untuk Pemula.

Plugin WordPress yang Wajib di Install

Bagi sebagian besar blogger, WordPress adalah pilihan pertama dalam memulai blog. Karena membuat situs web dengan WordPress itu mudah. Bukankah begitu? Salah satu fitur paling keren dari WordPress adalah plugin.

Mereka membuat platform WordPress mudah digunakan untuk non-techies (bukan teknisi). Ada ribuan plugin yang tersedia di setiap kategori. Tetapi bagi seorang pemula, mungkin membingungkan untuk memilih plugin terbaik dari berbagai opsi.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang plugin WordPress terbaik untuk pemula. Jadi mari kita mulai tanpa menunda lebih jauh.

Di bawah ini adalah daftar plugin WordPress penting untuk pemula. Ini adalah plugin WordPress gratis terbaik tetapi kalian dapat meningkatkan ke versi premium jika kalian mau.

1. JetPack

Memang benar bahwa WordPress menawarkan banyak plugin yang bagus tetapi menginstalnya terlalu banyak di situs WordPress dapat mempengaruhi kinerjanya secara negatif. Jadi lebih baik menyimpan plugin multiguna dan JetPack adalah salah satunya.

JetPack hadir dengan beberapa fitur bawaan yang luar biasa seperti: Statistik Situs Mencegah serangan berbahaya Pemantauan waktu henti Performa gambar Mempublikasikan konten di media sosial Tombol berbagi Peta Situs XML Widget bilah sisi ekstra dan masih banyak lagi dalam versi berbayar

2. Akismet Anti Spam

Spamming adalah masalah umum bagi blogger. Jika kalian baru memulai blog atau perencanaan untuk memulai, bersiaplah untuk menerima banyak komentar spam. Itulah sebabnya lebih baik menyimpan plugin antispam. Akismet adalah yang terbaik dalam hal melindungi situs kalian dari spamming.

Akismet menyaring komentar spam dan pengiriman formulir kontak menggunakan basis data global spamnya. Namun, ini juga memungkinkan kalian untuk membatalkan komentar apa pun jika kalian ingin melakukannya. Ini adalah salah satu plugin WordPress yang harus dimiliki para pemula untuk melawan spam.

3. WordFence

Keamanan situs kalian adalah hal terpenting yang harus kalian jaga. Peretas selalu mencari cara untuk meretas situs kalian. Sekalianinya situs kalian diretas, semua kerja keras kalian akan sia-sia. Itu sebabnya lebih baik aman daripada menyesal.

WordFence adalah plugin keamanan WordPress yang populer. Ini secara efektif melindungi situs web kalian dari akses tidak sah dan serangan jahat.

Beberapa fitur utama keamanan WordFence adalah sebagai berikut: Firewall Pemindaian Keamanan Masuk fitur keamanan Wawasan tentang upaya lalu lintas dan retasan Alat pemulihan insiden keamanan Di sini Admin ingin menambahkan dua plugin keamanan hebat untuk WordPress yaitu: Sucuri Security All In One WP Security.

4. Login LockDown

Login LockDown adalah plugin yang bagus untuk melindungi situs kalian dari serangan brute force. Serangan brute force adalah praktik peretasan yang biasa dilakukan oleh peretas di mana peretas mencoba mengakses situs web kalian dengan menebak atau membuat kombinasi kemungkinan nama pengguna dan kata sandi.

Karena WordPress secara default tidak membatasi jumlah upaya login yang gagal menjadikannya bertindak sebagai nilai tambah bagi peretas.

Dengan plugin seperti Login LockDown, kami dapat membatasi upaya login tidak sah yang dilakukan di situs web kami. Ini akan memblokir rentang alamat IP untuk periode waktu tertentu yang ditentukan sebelumnya jika lebih dari jumlah upaya login yang berhasil dilakukan yang dibolehkan.

5. UpdraftPlus

Kami dapat mengambil semua tindakan keamanan yang diperlukan untuk melindungi situs, tetapi kami tidak pernah dapat menjamin bahwa situs web 100% aman. Peretas mencari kerentanan terkecil untuk menembus ke situs web.

Itulah mengapa lebih baik menyimpan cadangan lengkap situs web kalian agar sekalianinya situs kalian diretas, kalian tidak akan kehilangan semua kerja keras kalian. Di sinilah UpdraftPlus berperan.

UpdraftPlus adalah plugin yang membuat cadangan reguler situs kalian dan menyimpannya di ruang yang jauh. Itu membuat proses pencadangan dan pemulihan sangat mudah bagi pemula.

UpdraftPlus juga memungkinkan kalian mengatur jadwal pencadangan otomatis sehingga kalian tidak perlu khawatir melakukannya secara manual.

6. W3 Total Cache atau W3TC

Setelah keamanan suatu situs web, hal penting berikutnya adalah kinerjanya. Kinerja situs web memengaruhi hal-hal seperti SEO dan pengalaman pengguna. Jadi, penting untuk mengubah situs kalian untuk mendapatkan kinerja yang lebih tinggi.

Kecepatan kinerja situs kalian adalah salah satu faktor penting yang tidak dapat kita abaikan. Pengguna selalu lebih suka situs web yang memuat cepat daripada yang memuat lambat.

W3 Total Cache meningkatkan kecepatan memuat situs web kalian dengan menggunakan fitur seperti integrasi Jaringan Pengiriman Konten (CDN). Termasuk juga cache halaman, posting, CSS, javascript, feed dll .. di memori atau disk atau CDN yang meningkatkan kecepatan memuat sangat.

Tips: Pilih dan atur Jaringan Pengiriman Konten dan kemudian integrasikan dengan plugin W3 Total Cache.

7. WP Smush

Ukuran gambar yang digunakan dalam situs web juga merupakan faktor penentu untuk kecepatan pemuatan situs web. Semakin tinggi ukuran gambar semakin lambat kecepatan pemuatan situs web. Jadi untuk meningkatkan kecepatan memuat situs web, kita perlu mengompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

WP Smush melakukan pekerjaan dengan sangat efektif. kalian hanya perlu mengaktifkannya dan itu akan mengurus semuanya. Memotong data yang tidak perlu dan mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas gambar.

8. Yoast SEO

Setelah menerbitkan situs web, kami perlu memeringkatnya di mesin pencari utama seperti google dan bing untuk mengarahkan lalu lintas ke sana. Untuk ini, kita perlu melakukan optimasi mesin pencari.

Ketika datang ke SEO, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah SEO on-halaman dan tidak ada plugin yang lebih baik daripada Yoast SEO.

Yoast SEO menangani semua pekerjaan SEO kalian di halaman dengan memberikan beberapa tips yang bisa ditindaklanjuti. Cukup ikuti tips yang disediakan oleh Yoast SEO dan 90% SEO on-page kalian akan diurus. Sehingga kalian tidak perlu hawatir tentang harus optimasi untuk mendatangkan traffic ke situs kalian.

Ini juga melakukan analisis keterbacaan dan memberi kalian tips untuk membuat situs web kalian lebih menarik.

Ini adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk pemula guna meningkatkan kinerja mesin pencari.

9. Social Warfare

Berbagi sosial penting untuk meningkatkan traffic kalian. Social Warfare adalah plugin berbagi sosial yang menyediakan tombol berbagi sosial sekali klik untuk pembaca kalian.

Admin pikir itu adalah plugin berbagi sosial terbaik di luar sana. Ini menyediakan tiga lokasi berbeda untuk meletakkan tombol berbagi sosial yang diinginkan.

Itu juga dilengkapi dengan fitur yang sangat keren yang disebut klik untuk tweet yang memungkinkan pembaca kalian untuk tweet tentang posting blog kalian dengan satu klik.

10. Contact Form 7

Jika pembaca kalian ingin menghubungi kalian secara pribadi maka mereka memerlukan formulir kontak untuk melakukannya. Namun, mereka dapat menghubungi kalian secara langsung melalui email, tetapi formulir kontak lebih memudahkan mereka untuk menghubungi kalian.

Karena WordPress tidak memiliki formulir kontak default, maka perlu memasang plugin formulir kontak.

Contact Form 7 adalah plugin formulir kontak paling populer di luar sana. Ini sederhana namun luar biasa, bekerja sebaik mungkin jika kalian ingin terlihat profesional. Ini juga mendukung penyaringan spam dengan Akismet yang menyulitkan spammer untuk melakukan spam.

Di sini Admin ingin menambahkan Contact Form WP sebagai alternatif. Ini juga merupakan plugin form kontak yang bagus dengan fitur seperti drag and drop form builder.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial diatas adalah:
  • Itulah daftar plugin WordPress terbaik yang wajib di install menurut Admin untuk pemula. Ada banyak plugin WordPress keren lainnya, tetapi di sini Admin hanya menambahkan plugin yang diperlukan untuk setiap pengguna WordPress secara umum. Jika kalian memerlukan plugin lain untuk tugas tertentu maka kalian dapat menginstalnya setelah melakukan penelitian atau percobaan lebih jauh lagi. Oh iya, ada satu plugin lagi yang ingin Admin sarankan dan ini penting, tapi jujur ini juga jarang Admin gunakan. Yaitu plugin untuk membackup file website dan database kita.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah, selamat mencoba. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memasang Tombol Pinterest untuk WordPress

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar