Skip to main content

Pengertian Autobiografi dan Contohnya

Pengertian Autobiografi dan Contohnya by Santrie Salafie

Pengertian Autobiografi dan Contohnya - Pernahkah anda membuat tentang Autobiografi? Jika dilihat hingga sekarang, dalam pembuatan Autobiografi masih ada sebagian orang yang belum memahami betul mengenai Pengertian, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Manfaat dan Contoh Autobiografi itu sendiri secara baik dan benar. Masih ada beberapa dari teman-teman kita yang membuat Autobiografi dengan asal tulis saja tanpa menggunakan kaidah yang tepat dalam pembuatannya. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui mulai dari Pengertian Autobiografi, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Manfaat dan Contoh Autobiografi.

Pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Pengertian Autobiografi, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Manfaat dan Contoh Autobiografi. Langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Pengertian Autobiografi, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Manfaat dan Contoh Autobiografi.

AUTOBIOGRAFI atau OTOBIOGRAFI DALAM BAHASA YUNANI

adalah autos artinya sendiri dan bios artinya hidup, sedangkan graphein artinya menulis . Dalam bahasa Inggris. Kata "autobiography" pertama kalinya digunakan oleh penyair dari Inggris yakni Robert Southey pada 1809 (Gerakan sastra: Romantisisme), namun bentuk Autobiografi atau otobiografi sendiri sudah ada mulai zaman kuno.

Pengarang BIOGRAFI biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bemacam ragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan "memoar", terkadang agak sulit membedakan antara keduanya.

Dalam bahasa Melayu contoh otobiografi terawal adalah Hikayat Nakhoda Muda dan Hikayat Abdullah.

PENGERTIAN AUTOBIOGRAFI

Dalam bahasa sehari-hari, Autobiografi adalah Biografi yang ditulis atau dibuat oleh diri sendiri. Dibawah ini penjelasan lengkapnya:

Autobiografi adalah sebuah riwayat hidup yang dibuat oleh tokoh itu sendiri. Seperti halnya definisi dari Wikipedia diatas, maka kata autobiografi terdiri dari beberapa kata yaitu autos yang artinya sendiri, bios yang artinya hidup, lalu graphein yang artinya menulis.

Orang yang membuat autobiografi sering-kali mengandalkan dari berbagai sudut pandang dan berbagai macam dokumen, sedangkan otobiografi dapat pula berdasarkan secara menyeluruh pada ingatan pengarang. Otobiographi juga berhubungan dengan "memoar", dan sering-kali lebih sulit untuk membedakan keduanya.

Pengertian Autobiografi secara singkat adalah tulisan yang berisikan tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seorang tokoh mulai dari masa kecil hingga kondisinya sekarang ini dan ditulis oleh dirinya sendiri (atau sudut pandang orang pertama)

Autobiografi mengisahkan tentang kehidupan seorang tokoh dalam menjalani kehidupannya. Seperti saat masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, dan kebahagiaan sampai pada kondisinya yang sekarang ini. Penulisan autobiografi memakai sudut pandang orang pertama (aku, saya) yang tentu sangat berbeda dengan penulisan biografi yang memakai sudut pandang orang ke-3.

JENIS JENIS AUTOBIOGRAFI

Ada beberapa jenis autobiografi, berikut diantaranya :

  1. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme Autobiografi ini merupakan korban dan penentang rezim totaliter yang sudah mampu menyampaikan kritik mencolok dari rezim melalui bentuk autobiografi dari penindasan mereka.
  2. Autobiografi Fiksi Maksudnya ini diciptakan untuk mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis dan seolah-olah karakter tersebut menulis biografi mereka sendiri.
  3. Autobiografi seseorang yang Tidak Terkenal Ada beberapa orang yang sudah mulai menulis autobiografi mereka sendiri untuk dibagikan ke masyarakat umum, tanpa klaim asli terkenal dari orang lain.
  4. Autobiografi Palsu Suatu hal tentang autobiografi-palsu , khususnya yang terkait deep suffering (penderitaan yang mendalam). Penulis diduga menderita, karena menjadi bagian dari keluarga yang disfungsional atau masalah umum (sosial) dari adanya penindasan politik.
  5. Autobiografi Sensasional Pada abad ke-17 , “skandal memoar” oleh Libertini seharusnya melayani selera publik, telah sering dipublikasikan. umumnya samaran, sebagian karya fiksi mereka ditulis oleh seorang penulis ghostwriters.

CIRI CIRI AUTOBIOGRAFI

Ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut:

  1. Autobiografi ialah suatu perjalanan hidup seorang tokoh yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau bisa juga dengan bantuan penulis lain dan ditulis menurut pengalaman hidup yang dialami oleh tokoh tersebut.
  2. Autobiografi terkadang juga mengandung informasi tentang perjalanan hidup seorang tokoh itu sendiri.
  3. Autobiografi biasa menampilkan informasi yang sifatnya positif. Bahkan umumnya ditulis dalam rangka pencitraan seorang tokoh politik.
  4. Autobiografi seringkali ditulis supaya masyarakat lebih kenal dan tahu tentang apa yang telah dilakukannya selama ia hidup, menjadikan bisa mengambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada didalamnya.

TUJUAN AUTOBIOGRAFI

Terdapat beberapa tujuan autobiografi, berikut diantaranya :

  1. Memperkenalkan diri sendiri dengan lebih detail kepada masyarakat.
  2. Memberikan gambaran, pelajaran dan kisah-kisah inspiratif tentang seseorang dapat sukses dalam bidang yang sedang lakoni sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik maupun bidang lainnya.
  3. Bahan pencitraan seseorang.

STRUKTUR AUTOBIOGRAFI
Struktur autobiografi terdiri atas 5 struktur, diantaranya:

  1. Latar belakang KeluargaBagian ini berisi tentang keluarganya yakni kedua orang tua, tanggal lahir dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan saudara-saudaranya.
  2. Latar belakang Pendidikan Bagian ini menceritakan tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.
  3. Latar belakang Prestasi Bagian ini berisi tentang semua pestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.
  4. Latar belakang Pekerjaan Jika tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, namun jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.
  5. Latar belakang Hasil Karya Bagian ini khusus bagi mereka yang sudah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa dihilangkan.

MANFAAT AUTOBIOGRAFI
Ada beberapa manfaat kebahasaan Autobiografi, antara lain:

  1. Kata hubung atau penghubung: berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.
  2. Kata kerja: suatu kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.
  3. Rujukan kata: merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya.
  4. Keterangan waktu: berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

CONTOH AUTOBIOGRAFI
Dan dibawah ini adalah contoh singkat Autobiografi:

Namaku Mohammad Soleh dan biasa dipanggil dengam Soleh oleh orang-orang dilingkunganku. Aku mempunyai hoby membaca buku dan bermain basket serta lahir di kota Lampung di tanggal 11 Februari 1998 dari pasangan Sudarsono dan Siti Aminah.

Kakakku bernama Nurul yang telah menikah dan sekarang tinggal bersama suaminya di kota Banda Aceh. Aku juga mempunyai adik kembar laki-laki dan perempuan bernama Sani dan Sifa yang baru berusia 6 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2004-2010 di SDN Budi Berlian. Lalu setelah lulus meneruskan ke SMPN 4 Karang Cupung dari tahun 2011-2014. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 1 Bandar Lampung. Di SMA ini aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan selain itu aktif di Organisasi Pramuka dan OSIS. Aku juga pernah menjabat sebagai ketua Pramuka.

Aku merupakan anggota baske di SMAN 1 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan basket dengan tingkat sekolah ataupun tingkat umum. Antara lain Juara 1 Piala Gubernur tahun 2016. Juara II Basket Hardiknas Cup 2016, juara I DBL Sekolah dan lain sebagainya.

Aku memiliki cita-cita dalam beberapa tahun yang akan datang untuk bisa bergabung dengan TNBI (Tim Nasional Basket Indonesia) dan membawa nama harum Bangsa di Asia sampai Dunia.

Kesimpulan
Setelah dijelaskan tentang Pengertian Autobiografi, Jenis Jenis Autobiografi, Ciri Ciri Autobiografi, Tujuan Autobiografi, Struktur Autobiografi, Manfaat Autobiografi dan Contoh Autobiografi. Apakah anda sekarang sudah bisa memahaminya? Jika iya, coba simpulkan penjelasan diatas menurut pemahaman anda mengenai Pengertian Autobiografi dan Contohnya. Lalu buatlah 1 contoh Autobiografi asli karyamu sendiri dan teliti kembali hasil Autobiografi yang telah anda buat tersebut. Ini dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman kita masing-masing dalam mempelajari Pengertian Autobiografi dan Contohnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw di Tarim, Hadramaut, Yaman

Comment Policy: Silakan baca Kebijakan Komentar kami sebelum berkomentar.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Santrie Salafie

Tambahkan aplikasi Santrie Salafie di smartphone tanpa install, buka Santrie Salafie dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Santrie Salafie dari layar utama smartphone Anda.