Skip to main content

Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis

Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis by Santrie Salafie

Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis - Apa kalian pernah membuat Puisi? tentu pernah 'kan? Baik itu tugas sekolah, hobi, atau hanya sekedar iseng saja. Nah, pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang sebuah karya sastra dari Maulana Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang karya sastra dari Maulana Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis.

Maulana Jalaluddin Rumi

SEMUA aksiden adalah cabang dari cinta. Tanpa cinta, aksiden tidak akan ada harganya. Cabang tidak akan ditemukan tanpa adanya asal. Oleh karena itu, Allah tidak bisa dikatakan sebagai aksiden, sebab aksiden adalah cabang dan tidak mungkin menganggap Allah sebagai cabang.

Sebagian dari mereka berkata:

"Cinta juga tidak bisa digambarkan dan ia tidak mungkin ada tanpa adanya aksiden, karena ia adalah cabang dari aksiden."

Jawaban kami, "Siapa yang berkata cinta tidak sanggup digambarkan tanpa adanya aksiden? bukankah cinta yang melahirkan aksiden dan membangkitkannya? Seratus ribu aksiden terpengaruh oleh cinta, baik secara ilusi ataupun nyata.

Meskipun lukisan tidak mungkin ada tanpa adanya sang pelukis, tetapi sang pelukis pun tak mungkin ada tanpa hadirnya lukisan. Sesungguhnya lukisan adalah cabang, sedangkan diri pelukis adalah asal. Sebagaimana gerakan jari dengan gerakan cincin yang melingkarinya."

Jika tidak ada kecintaan di balik wujud sebuah rumah, maka tak seorang arsitek pun yang akan menggambar maket dan desain rumah. Terkadang dalam satu tahun, kadar sebutir gandum seharga satu emas dan di tahun yang lain ia seharga debu. Padahal bentuk berbagai gandum tetaplah sama.

Itu dikarenakan kadar bentuk gandum dan harganya datang dari kecintaan. Begitu pula dengan ilmu yang kamu cari dengan penuh cinta, ia akan memiliki kualitas yang tinggi di sisimu, berbeda dengan ilmu yang tak seorang pun mencarinya, maka tidak akan ada yang mempelajari dan mengamalkannya.

"Melihat dari sisi yang dihasilkan, cinta ialah kebutuhan akan adanya sesuatu. Ia menjadi asal sedangkan yang dibutuhkan adalah cabangnya."

Aku menimpali: "Dari sisi hasil, pernyataan yang kamu katakan ini terlontar karena adanya kebutuhan. Ucapanmu datang ke alam nyata karena kebutuhanmu. Saat terdapat kecenderungan pada perkataan itu, lahirlah sebuah ucapan. Demikianlah kebutuhan selalu berada di garis depan, sedang ucapan lahir dari padanya. Sehingga terkadang ditemukan pula kebutuhan tanpa adanya ucapan. Kesimpulannya, cinta dan kebutuhan bukanlah cabang dari ucapan."

Seseorang pun bertanya:

"Jika yang dimaksud dengan keinginan adalah ucapan itu sendiri, lantas bagaimana mungkin tujuan menjadi cabang?"

'Ya, tujuan pasti akan memerankan ranting untuk selamanya, sebab tujuan batang pohon ialah tangkainya.' Jawabku. (...)

* SELESAI *

Bagaimana perasaannya setelah membaca karya sastra dari Maulana Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis diatas? Mudah-mudahan dengan membaca karya sastra dari Maulana Jalaluddin Rumi Lukisan adalah Bukti Adanya Pelukis ini, bisa mewakili perasaan kita semua. Tentunya juga, semoga bisa menambah kreativitas kita dalam berpuisi. Jangan lupa datang kembali untuk menyimak kumpulan puisi lainnya dalam berbagai tema pada waktu yang akan datang. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Ajari Aku Dewasa oleh Hirini Andayani

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar