Skip to main content

Sudah Jelas Bahwa Hidup itu Pilihan dan Bukan Takdir

Sudah Jelas Bahwa Hidup itu Pilihan dan Bukan Takdir | Santrie Salafie

Sudah Jelas Bahwa Hidup itu Pilihan dan Bukan Takdir - Pernahkah kalian membaca atau mendengar tentang Hidup itu Pilihan dan Bukan Takdir? Mana yang benar? Hidup itu Pilihan atau Takdir? Tenang, karena pada kesempatan kali ini Santrie Salafie akan berbagi tentang Hidup adalah sebuah Pilihan dan Bukan Takdir.

Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut tentang Hidup adalah sebuah Pilihan dan Bukan Takdir.

Hiduplah Sesuai Pilihan, Bukan Seperti Apa yang Orang Lain Inginkan.

Menjadi manusia yang hidup dan bernafas, perjalanan kita hari demi hari adalah tentang bagaimana kita berjuang dan menerima semua yang kita dapatkan. Akan ada banyak pencapaian yang diraih, ada pula kegagalan yang tak bisa dipenuhi. Tak apa, bangkit dan jatuh memang dua hal berbeda, tapi keduanya akan terus berjalan beriringan, memberi kita kekuatan dan pelajaran.

Itulah sebabnya, kita tak harus selalu mendengar apa yang orang lain katakan. Apapun yang terjadi, diri sendiri akan tetap jadi pihak penentu atas segala hal yang ingin dilakoni.

Tak Perlu Bersikap Baik Hanya untuk Disenangi

Sibuk untuk mendapatkan pengakuan, kita terlalu sering lelap dalam kepura-puraan. Bersikap sebagaimana yang orang lain inginkan, hanya untuk dicap baik dan disenangi semua orang. Tak perlu terlalu memaksa, mengakui kekurangan bukanlah sebuah kesalahan. Karena ber-bohong-lah yang seharusnya kamu hindari.

Mendapat pengakuan meski dengan cara yang tak benar, mungkin memberimu sedikit kepuasan. Tapi akan lebih baik jika kamu bisa hidup dalam kebenaran, bukan dalam pembenaran yang kamu karang. Celaan tak akan membuat kita mati, tapi pujian bisa membuat diri terlena hingga lupa arah. Kekurangan dan kelebihan adalah sesuatu yang memang pasti dimiliki, jadi terima saja.

Lakukan Apa yang Kamu Suka Jika Itu Adalah Sesuatu yang Ingin Kamu Jadikan Nyata

Agar hidup terasa lebih berharga, kita perlu menemukan apa yang memang benar-benar kita suka. Setidaknya, cari satu hal yang memang benar-benar kamu suka. Dalami hal tersebut, dan cari tahu maknanya. Jika nanti sudah berhasil menemukan, kamu akan merasakan bagaimana bahagianya, ketika kamu percaya pada satu hal yang kita yakini. Meski semua orang mungkin mencaci.

Berhasil jadi manusia yang berlimpah materi, bukanlah jaminan kebahagian atas hidup seseorang. Gali potensi dalam diri, dan carilah jati diri yang benar-benar kau ingini.

Setiap Orang Punya Takaran Bahagia yang Berbeda, Jangan Pernah Membandingkan Hidup dengan Mereka
Tak akan bisa berjalan ke depan, jika kamu masih selalu menjadikan pencapaian orang sebagai ukuran. Orang lain yang katamu berhasil itu, tentu sudah berjuang untuk mewujudkan apa yang kamu lihat sekarang. Jadi mulailah langkahkan kaki untuk berjuang, dan berhenti membanding-bandingkan pencapain orang dengan apa yang sudah kamu pegang.

Mereka mungkin bisa tertawa meski sedang menghadapi masalah, sedang dirimu selalu merasa resah setiap kali ada persoalan melanda. Suka dan duka sudah ada porsinya, dan bagaimana cara setiap orang menikmatinya tentulah berbeda-beda juga.

Dan Semua Hal Akan Lebih Terasa Berharga, Jika Kamu Tahu Cara Mensyukurinya
Jangan jadi pribadi yang maruk, ingin semua hal tanpa tahu cara berterimakasih atas apa yang sudah digenggam. Tak punya pertahanan dan selalu terbawa gelombang pergaulan hanya akan membuat lelah sendiri. Menjadi subjek yang bisa digerakkan ke sana dan ke mari hanya karena gengsi.

Mulailah berpikir pelan-pelan, resapi semua hal yang kamu inginkan dan tanyakan pada hati dalam-dalam. Apa yang sebenarnya kamu cari? Dan masih kurangkah yang kini sudah kamu ingini? Karena semua hal akan terasa lebih berharga jika kita tahu caranya untuk bersyukur.

Berhenti Bukan Tak Lagi Punya Mimpi, Melepas Bukan Berarti Membenci
Pada beberapa fase kehidupan, kita mungkin akan dihadapkan dengan sebuah pilihan. Tetap melaju atau berhenti mewujudkan mimpi, masih akan terus bertahan atau memutuskan untuk melepaskan genggaman. Semua yang kita lakukan selalu memiliki alasan, dan apa yang kita inginkan tak selalu seburuk yang kita bayangkan.

Belajarlah abai pada semua cibiran, pegang teguh apa yang selama ini memang membuat dirimu senang. Bahagiakan hati dengan tak lagi sembarangan memilih, dan selalulah berpikir tenang sebelum mengambil keputusan.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Hidup adalah sebuah Pilihan dan Bukan Takdir diatas adalah:
  • Hidup adalah sebuah Pilihan dan Bukan Takdir maksudnya adalah kita bebas memilih apa saja yang kita inginkan dan kita lakukan, namun hal yang kita lakukan harus tetap dalam batasan, jangan sampai membuat suatu pilihan sesuai keinginan namun melanggar norma-norma yang berlaku. Tetap jaga silaturrahmi, tanamkan toleransi dan yang paling penting adalah buat sekitarmu merasa nyaman dengan kehadiranmu disisi mereka.
Semoga dengan membaca artikel yang berjudul 'Sudah Jelas Bahwa Hidup itu Pilihan dan Bukan Takdir' ini, bisa menambah wawasan dan menjadi solusi bagi kita semua yang sedang dirundung berbagai macam rasa dihati kita. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memilih Karangan Bunga Yang Baik dan Benar untuk Seseorang

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar