Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula by Santrie Salafie

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula - Bagaimana Caranya Mendapatkan Uang dari YouTube? Pertanyaan itulah yang dahulu selalu terlintas dalam pikiran Admin ketika baru mulai terjun dalam dunia YouTuber. Apa kalian juga demikian? Memang sih tidak bisa dipungkiri, banyak orang diluar sana yang sudah menikmati hasil dari jerih payahnya dalam menekuni hobi menjadi YouTuber. Dan penghasilan yang mereka dapatkan bervariatif, ada yang sekitar $9 - $20 per bulan. Bahkan ada pula yang bisa mencapai $100 per bulan. Yaps, itulah hasil dari jerih payah yang selama ini ditekuni.

Nah, melalui situs Salafie Salafie ini Admin akan membagikan solusi terbaik untuk kalian semuanya tentang cara memperoleh pendapatan tambahan dari YouTube. Selengkapnya, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut pembahasan tentang Cara Menghasilkan Uang dari YouTube untuk Pemula.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

1. Membuat YouTube Channel

Langkah ini merupakan langkah awal yang tidak boleh Kalian lewati untuk Menghasilkan Uang dari YouTube bagi Pemula . Buatlah account terlebih dulu di YouTube bila Kalian belum memilikinya.

Coba sign in ke YouTube( Kalian dapat menggunakan account Google untuk masuk serta mendaftar, dibandingkan mengisi seluruh informasi form lagi dari awal).

Kemudian buatlah channel Kalian. Pikirkan nama apa yang menarik untuk saluran YouTube Kalian serta bagaimana konsep saluran kalian, bagaimana tema ataupun karakter channel Kalian dibandingkan dengan channel ataupun saluran sejenis.

2. Monetisasi YouTube Channel

Coba sign in ke account YouTube Kalian, pilih menu“ akun information” yang terletak di sebelah kanan atas serta klik“ Creator Studio”. Setelah itu, pada menu di sebelah kiri, pilih“ Channel” dan klik“ Status and features”. Selanjutnyanya, pilih“ Enable Monetisation”. Setelah itu setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan ada fitur YouTube Analytic yang bisa Kalian pakai buat melaksanakan track pendapatan Kalian, yang mana akan dapat terbayar hanya bila Kalian memenuhi ataupun megikuti Youtube payment treshold yang ada.

Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel

Untuk mengoptimalkan YouTube channel Anda, beberapa kriteria berikut perlu Anda penuhi atau ikuti:

  • Video harus user friendly.
  • Konten wajib ialah karya orisinil Kalian biar bisa di- promote.
  • Copyrighted videos yang Kalian plagiasi dari internet tidak bakal menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan keinginan Kalian untuk melakukan plagiat.
  • Video Anda harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
  • Sekalinya video Anda diaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video Anda berikutnya.

4. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Jika Anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu, Anda dapat menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda. Buatlah konten yang menampilkan betapa bagus serta menariknya produk yang mau ditonjolkan melalui soft promotion.

Setelah itu buatlah link pada product page Kalian di kolom deskripsi YouTube video Kalian. Perihal ini sering kali dilakukan para vlogger yang mau menjual suatu secara halus. Contohnya, pada video musik biasanya banyak di-shoot produk-produk tertentu yang dipakai oleh bintang utama atau penyanyinya.

5. Menjual Video di Website Penjualan Video

Anda bisa juga menjual video Anda di website komersial yang memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan hasil karya Anda. Jadi, pada YouTube, Kalian bisa mengupload siaran berbentuk teaser serta memusatkan pemirsa kalian untuk membayar bila mau menyaksikan tipe lengkapnya.

6. Memusatkan Traffic untuk Afiliasi Link

Affiliate marketing jelas ialah kesempatan untuk menghasilkan uang secara online yang sangat terkenal. Permasalahannya ialah begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang dibutuhkan buat menciptakan pemasukan yang lumayan besar.

Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.

7. Menarik Sponsor Ship

Bila Kalian mengamati para YouTuber populer yang sukses di internet, Kalian tentu ketahui kalau di nyaris seluruh konten video YouTube mereka senantiasa terdapat faktor sponsorship serta advertisement. 2 aspek ini mereka manfaatkan buat menghasilkan uang dari YouTube.

8. Mengadakan Live Speaking

Nantinya, bila Kalian telah mempunyai fanbase ataupun fans yang lumayan banyak, Kalian bisa mengadakan meeting serta greeting. Kalian mungkin saja membuat agenda yang teratur supaya komunitas Kalian dapat bertumbuh.

Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.

9. Berpikir Out of The Box

Anda perlu berpikir di luar kebiasaan jika Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral.

Gimana.. mudah bukan??? Apakah kalian akan mulai menjadi YouTuber setelah membaca Cara ini?

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial YouTube diatas adalah:
  • Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube memang tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi juga tidak semudah yang ucapkan. Syarat utamanya adalah Ketekunan, Tidak Mudah Menyerah dan Kesabaran. Cukuplah tiga poin tersebut sebagai modal awal untuk terjun menjadi YouTuber Sukses.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah, selamat mencoba. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar