Skip to main content

Cara Memulai Blogging dengan Panduan Lengkap

Cara Memulai Blogging dengan Panduan Lengkap by Santrie Salafie

Cara Memulai Blogging dengan Panduan Lengkap - Bagaimana Cara Memulai Blogging? Pertanyaan itulah yang dahulu selalu terlintas dalam pikiran Admin ketika ingin membuat blog gratis. Apa kalian juga demikian? Admin juga pernah berada di posisi kalian. Jangan khawatir, karena melalui situs Salafie Salafie ini Admin akan membagikan beberapa hal penting untuk kalian semuanya tentang Cara membuat Blog dengan Panduan Lengkap.

Tanpa menunda lebih jauh lagi, langsung saja yuk scroll ke bawah untuk menyimak lebih lanjut penjelasan mengenai Cara Memulai Blogging dengan Panduan Lengkap untuk Pemula.

Sebelum membahas tentang cara memulai blogging, Admin pikir kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu blogging?

Apa itu Blogging?

Blogging pada dasarnya berarti menulis jurnal atau buku harian pribadi dan memperbaruinya sesering mungkin. Perbedaan utama antara situs web dan blog adalah, situs web bersifat statis, yang berarti konten situs web tidak sering berubah ketika blog diperbarui secara berkala. BAIK! Mari kita keluar sebentar dari definisi blog dan beralih ke topik utama. "Cara Memulai Blogging"

Panduan Lengkap Cara Memulai Blogging

kalian dapat memulai blog kalian secara gratis di situs-situs web seperti Blogger.com , Blogspot.com , dan WordPress.com tetapi dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang blog yang di-host sendiri yaitu blogging berbayar. Dan berikut hal-hal yang diperhatikan ketika membuat sebuah blog baru.

1. Tentukan Topik kalian

Topik berarti menjelaskan tentang apa blog kalian. kalian dapat memulai situs web dengan niche tertentu (mis. Teknologi, Makanan, Perjalanan dll.) Atau situs web tanpa topik tertentu. Situs web dengan niche umumnya direkomendasikan karena kalian akan mendapatkan tipe audiens yang spesifik dan akan lebih mudah untuk memahami mereka dengan lebih baik.

Memilih niche adalah langkah pertama untuk memulai sebuah blog, karena pertama-tama kalian harus memiliki ide yang jelas tentang apa yang akan kalian tulis di blog kalian. Kedua, nama domain kalian harus sesuai dengan niche kalian.

Sebenarnya tidak ada aturan ketat seperti itu, tetapi dengan memilih niche, kalian akan membuat prosesnya sedikit lebih mudah. Sama dengan nama domain, blog kalian mungkin sukses besar tanpa niche terkait domain tetapi dari sudut pkalianng SEO (Search Engine Optimization), lebih baik memiliki nama domain yang terkait dengan niche kalian.

Sekarang muncul pertanyaan, "Bagaimana memilih Topik?" Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat kalian tanyakan saat memilih Topik:

a. Topik apa yang paling menarik minat kalian?
Memilih Topik yang menarik perhatian selalu dianjurkan. Jika kalian mulai menulis di sebuah blog dengan Topik yang sukses hanya karena melihat beberapa blog yang sukses, kemungkinan besar kalian akan gagal, karena kalian akan lelah untuk mengejar Persaingan dengan blog yang sudah sukses terdahulu dengan topik yang sama.

b. Topik apa yang ingin kalian kembangkan?
Blogging tidak selalu tentang berbagi apa yang sudah kalian ketahui, ini tentang berbagi apa yang kalian pelajari.

kalian perlu belajar tanpa henti jika kalian ingin menjadi blogger yang sukses. Jadi bersiaplah untuk itu.

c. Topik apa yang akan selalu kalian pelajari dan bagikan tanpa dibayar?
Uang itu penting, tetapi jangan mulai blogging hanya demi menghasilkan uang. Uang adalah produk sampingan dari blogging. Jika kalian melakukan semuanya dengan benar dan menambah nilai bagi kehidupan pembaca kalian maka uang pasti akan datang, jangan khawatir tentang hal itu.

2. Pilih Dan Daftarkan Nama Domain kalian

Langkah kedua adalah memilih dan mendaftarkan nama domain. Jika kalian tidak tahu: nama domain adalah alamat unik untuk blog kalian, yang digunakan orang untuk mengunjungi blog kalian. Contohnya seperti www.santriesalafie.com

Secara umum, disarankan untuk memilih domain yang terkait dengan niche kalian, tetapi kalian dapat memilih apa pun yang cocok untuk kalian. Setelah memutuskan nama domain kalian, kalian harus mendaftarkannya dengan penyedia nama domain.

Ada banyak penyedia nama domain gratis dan bagus seperti Godaddy , NameCheap , BigRock, NiagaHoster dll. Mendaftarkan nama domain sangatlah mudah, sehingga kami tidak akan membahas detailnya.

Langsung Daftar NiagaHoster dibawah ini: Hosting Unlimited Indonesia

3. Pilih Penyedia Hosting Dan Paket Hosting kalian

Web Hosting memungkinkan kalian untuk menyimpan dan mengelola situs web / blog kalian di internet. Penyedia hosting adalah bisnis yang menyediakan teknologi yang dibutuhkan untuk menyimpan dan mengelola situs web kalian di internet. Memilih penyedia hosting yang bagus dan paket hosting sangat penting karena kinerja situs web kalian bergantung padanya. Ada banyak penyedia hosting murah tapi bagus, seperti NiagaHoster, Bluehost.com , Hostgator.com , Sitegroung.com dll ...

Berikut ini adalah beberapa poin yang harus kalian ingat saat memilih penyedia Hosting dan paket Hosting.

  • Kapasitas penyimpanan
  • Bandwidth
  • No of Website (Jika kalian ingin meng-host lebih dari satu situs web)
  • Kualitas pelayanan
  • Harga jelas

4. Buat Blog kalian

kalian dapat membuat blog kalian dengan dua cara, yang pertama adalah kalian dapat mendesain blog kalian sendiri (jika kalian tahu pemrograman web) atau kalian dapat mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. Yang kedua adalah pilih blogging yang paling mudah untuk kalian gunakan, salah satunya adalah Blogger.com, Blogspot.com atau WordPress.

WordPress adalah sistem manajemen konten online (CMS) dimana kalian dapat mempublikasikan konten kalian dengan mulus. Di sini kita akan berbicara tentang membuat blog kalian menggunakan WordPress.

Maka yang Pertama adalah kalian harus memilih tema untuk blog kalian. Ada banyak tema bagus tapi gratis yang tersedia di WordPress, tetapi kalian dapat memilih tema berbayar jika mau. Tema yang bersih dan mudah dinavigasi sangat dianjurkan. Setelah memilih tema, kalian dapat mengoptimalkannya sesuai kebutuhan. Menyiapkan WordPress tidak terlalu sulit sehingga kami tidak akan membahas teknis dalam posting ini.

5. Tambahkan Konten ke Blog kalian

Salah satu hal terpenting untuk menciptakan blog yang sukses adalah menulis konten yang berkualitas dan SEO Friendly tentunya. Konten berkualitas tinggi melakukan setengah dari pekerjaan kalian. Lakukan riset tentang topik tersebut sebelum menulis apa pun. Tulis konten asli. Konten kalian harus ditujukan untuk menyelesaikan masalah pembaca kalian atau menambah nilai bagi kehidupan pembaca kalian.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial Blogging diatas adalah:
  • Memulai Blogging memang tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi juga tidak semudah yang ucapkan. Syarat utamanya adalah Berani Mencoba, Tidak Mudah Menyerah dan Kesabaran. Cukuplah tiga poin tersebut sebagai modal awal untuk membuat Blog baru. Setelah itu, tingkatkan kualitas blog kalian dengan menerapkan teknik-teknik SEO. Baik itu SEO On Page, SEO Off Page, kecepatan blog dan lain sebagainya.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah, selamat mencoba. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Plugin WordPress yang WAJIB di Install untuk Pemula

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar