Skip to main content

5 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula

5 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula by Santrie Salafie

5 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula - Apa saja kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger pemula? Bagaimana Tips dan Trik untuk Blogger agar Sukses? Pertanyaan itulah yang dahulu selalu terlintas dalam pikiran Admin ketika memulai blogging dan ingin meningkatkan kualitas Blog atau sebuah Situs menjadi lebih baik. Apa kalian juga demikian? Karena tujuan seseorang terjun ke dunia blogging adalah untuk menjadi penulis blog yang Handal, Profesional, dan Sukses. Tentunya untuk meraih kejayaan itu perlu waktu dan perjuangan yang panjang.

Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula

Berbagai macam optimasi blog harus rutin dijalankan untuk meraih kesuksesan dalam dunia blogging. Pengembangan blog tak hanya soal menulis artikel saja. Namun juga harus diiringi dengan optimasi dan promosi agar blog kita banyak dikenal orang. Banyak blogger pemula yang ingin sukses dengan cara instant dan tidak mempedulikan langkah tepat yang harus dijalani.

Bahkan mereka melakukan kesalahan yang terlihat remeh, namun kesalahan itu dapat berakibat fatal. Tapi tenang, karena melalui situs Salafie Salafie ini Admin akan membagikan solusi terbaik untuk kalian semuanya tentang Apa saja Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula? Sehingga ketika kita mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, kita bisa terlebih dahulu mengantisipasinya agar tidak terjadi pada kita.

Dan berikut penjelasan lengkap tentang Kesalahan-Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh para Blogger Pemula.

1. Blogging Hanya Untuk Sekedar Iseng

Memang tak ada salahnya kalau aktifitas blogging ini dilakukan hanya untuk iseng belaka. Namun, jika kamu tau bahwa blogging bisa menambah penghasilan , maka kamu akan menyesal karena tidak menekuni aktivitas blogging dan justru membuang waktu untuk menulis artikel dimasa lalu

Jika kamu ingin menjadi blogger sukses yang dapat meraup penghasilan dari blogging ini, maka kamu harus rajin menulis artikel bermanfaat di blog kamu. Blogging itu bisa dijadikan hobi juga loh... Tak hanya asyik. Namun, juga menghasilkan $$$

2. Tidak Hobi Menulis, Tapi Tertarik Dalam Dunia Blogging

Blogging itu sebenarnya adalah suatu aktivitas untuk menuliskan artikel dan membagikannya secara publik. Namun, di jaman sekarang banyak blogger yang tak punya skill menulis yang baik dan parahnya ada juga yang tidak berminat sekali untuk menulis selain rewrite dan copypaste menggunakan alat canggih

Mereka kebanyakan hanya mengejar penghasilan yang menjanjikan dari blog dan terkadang dia hanya ingin ikut-ikutan para mastah yang sudah sukses duluan Namun, apakah itu salah? Menurut saya sih tidak.

Jika mereka rajin menulis, lama kelamaan mereka akan merasa enjoy dan menikmati semua prosesnya dan tentunya akan meraih kesuksesan di kemudian hari. Namun jangan sesekali mengambil jalur instant seperti copy paste dan mengambil artikel blogger lain tanpa seijin author atau pemilik blog lain.

3. Rajin Menulis Namun Lupa Untuk Promosi

Tak sedikit blogger pemula yang bertanya kepada saya “Kak.. Kok blog saya sepi ya? Padahal kan artikel saya sudah banyak?” Mereka terkadang hanya fokus untuk menulis dan terus menulis tanpa melakukan promosi. Walaupun artikel mereka sudah mencapai 10.000 pun kalau tidak melakukan promosi juga maka hasilnya akan sia-sia dan berpikiran bahwa dia adalah blogger yang gagal.

Saya tau beberapa mastah di luaran-sana hanya memiliki 10-20 artikel tapi visitornya ribuan , itu karena mereka sudah PRO dan mengetahui bagaimana cara riset keyword yang benar tetapi untuk pemula yang mereka lakukan hanya asal menulis tanpa memikirkan seberapa besar peluang munculnya konten mereka dihalaman search.

Bagi pemula sebaiknya di imbangi dengan promosi untuk mengenalkan blog disosial media sekalian menjalin silaturrahmi dengan komunitas blogger yang lain. Namun, banyak juga yang melakukan cara yang salah dalam melakukan promosi.

Jangan sesekali melakukan spamming dengan membagikan url blog diberbagai tempat. Karena jika kamu terus terusan promosi tanpa henti di tempat yang sama, maka orang-orang beranggapan bahwa blog kamu adalah sampah (mengganggu/tidak menyenangkan).

Lakukanlah promosi beberapa kali dalam sehari dan jangan hanya mengandalkan 1 media promosi saja. Saran saya sih kamu harus memiliki banyak akun media sosial. Namun kuncinya adalah JANGAN MELAKUKAN SPAMMING (promosi berlebihan).

4. Tidak Konsisten

Terkadang ada seorang blogger yang mempunyai skill menulis yang bagus, punya banyak waktu senggang, namun tidak konsisten untuk menulis. Seorang blogger pemula terkadang merasa bosan untuk melakukan sesuatu hal yang sama setiap harinya.

Untuk menjadi blogger yang sukses, seorang blogger harus melalui beberapa proses demi meraih kesuksesan. Jika pada awal-awal memulai dunia blogging kamu tak menghasilkan apa-apa, kamu tak perlu khawatir karena saya dulu sebelum menghasilkan passive income dari blog seperti sekarang ini juga sama saja dengan pemula yang lain, hal itu adalah wajar. Bahkan blogger yang sekarang profesional dan terkenal pun pernah merasakan hal ini.

5. Hobi Meniru Orang Lain

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah hobi meniru orang lain. Untuk menjadi seorang blogger yang mudah dikenal orang adalah seorang blogger harus memiliki ciri khas.

Setiap blogger yang sukses dan terkenal pasti punya ciri khas yang berbeda seperti gaya penulisan, sapaan, ilustrasi, materi, dan lainnya. Tak ada salahnya sih jika kamu meniru gaya orang lain untuk memotivasi kamu agar bisa sukses seperti yang kamu tiru.

Tips dan Trik untuk Blogger Agar Sukses

Disini Admin akan menjabarkan tips dan trik agar bisa menjadi blogger yang sukses, jadi blogging tidak hanya dijadikan sebagai mengisi waktu luang saja melainkan bisa kita jadikan sebagai lahan basah perekonomian.
1. Berani untuk bermimpi

Berani untuk bermimpi adalah salah satu tips untuk menjadi blogger sukses. Para blogger terkenal juga mengawali proses untuk menjadi terkenal dari mimpi mereka. Mereka berani untuk berimajinasi agar kedepannya menjadi orang yang lebih baik dari pada sebelumnya. Namun kamu jangan hanya mengandalkan mimpi maupun imajinasi. Kamu juga harus membuat mimpi dan imajinasimu menjadi kenyataan.

Tanamkan kalimat “AKU HARUS MENJADI BLOGGER YANG SUKSES” dan buat itu menjadi kenyataan.

2. Selalu Belajar
Blogger sejati adalah blogger yang memiliki jiwa pantang menyerah dan terus belajar demi meraih kesuksesan. Jika kamu sudah menjadi blogger yang sukses maka kamu jangan beranggapan jika kamu sudah merasa paling jago sehigga sifat sombong pun muncul.

Percuma juga kalau kamu sukses tapi orang lain malah menjauh darimu karena sifat sombong yang mulai muncul. Lakukanlah eksperimen dan teruslah belajar walaupun dirimu sudah merasa sukses. Dan satu lagi.. Bagikanlah ilmu yang kau dapat dan yang kau pelajari agar orang lain juga merasakan kesuksesan yang sama pula.

Mengutip dari perkataan ustadz abdul somad ; "Hidup Hanya Sekali Buatlah Hidup Yang Berarti".

3. Disiplin
Tips selanjutnya adalah disiplin. Baik itu disiplin terhadap diri sendiri maupun orang lain. Disiplin merupakan suatu kunci untuk terus meraih kesuksesan. Semua itu harus anda lakukan dengan konsisten dan disiplin. Hanya dengan disiplin inilah peluang untuk menjadi blogger sukses menjadi besar.

4. Selalu Sabar
Tips terakhir yang harus kamu terapkan adalah selalu bersabar. Kamu tidak boleh mudah menyerah dalam menjalankan aktivitas blogging.

Ada waktunya untuk senang dan ada waktunya untuk kecewa anggap saja semua itu bagian dari manis pahitnya kehidupan. Semua harus dijalani dengan sabar. Karena kesabaran akan membuahkan hasil yang maksimal juga.

Jika anda memiliki Haters atau pembenci, maka jangan dihiraukan. Atau jika kamu mau mengubah pola pikir, kamu bisa jadikan cemoohan atau hinaan dari haters sebagai kritikan agar lebih maju toh jika nantinya kamu sukses para haters yang dulunya semangat menghujat sekarang cuma tertunduk hina karena malu.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari Tutorial Blogging diatas adalah:
  • Menghindari Kesalahan saat Blogging memang tidaklah sesulit yang dibayangkan, tetapi juga tidak semudah yang ucapkan. Syarat utamanya adalah Ketekunan, Tidak Mudah Menyerah dan Kesabaran. Cukuplah tiga poin tersebut sebagai modal awal untuk merawat serta mempertahankan kualitas sebuah situs.
  • Selain itu, SEO On Page dan SEO Off Page juga salah satu hal terpenting ketika membahas mengenai Tutorial Blogging. Kedua aspek tersebut tidak bisa disepelekan begitu saja, karena pengaruhnya juga sangat besar bagi blog atau situs kita. Yah, walaupun ada sebagian orang yang menganggap itu adalah tidak terlalu penting.

Semoga sahabat Santrie Salafie bisa memahami penjelasan diatas dengan mudah, selamat mencoba. Salam santun dan semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Sesuai Standar Google

Comment Policy: Setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan, silakan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih untuk kerja samanya.
Buka Komentar
Tutup Komentar